Polisi Amankan Pembuat Selebaran Pengakuan Sensen Komara Sebagai Presiden RI

16
0

TAROGONG KIDUL – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Garut mengamankan pembuat selebaran yang bertuliskan pengakuan Sensen Komara sebagai Presiden RI. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna.

“Sudah kita amankan di wilayah Caringin, namanya Ham,” ujar kapolres kepada wartawan Minggu (16/6). Menurut dia, Ham merupakan pengikut aliran sesat Negara Islam Indonesia (NII) bentukan Sensen Komara. Sebelumnya, Ham pernah dilaporkan warga terkait pengakuan secara tertulis bahwa Sensen Komara sebagai rasul.

Aksi pengakuan Sensen adalah Presiden RI merupakan yang kedua kalinya. Warga di Kecamatan Caringin yang sudah geram dengan aksi pengikut Sensen Komara melaporkannya kepada pihak kepolisian. “Memang ada yang laporan, jadi kita amankan untuk diproses lebih lanjut,” terangnya.

Kapolres akan terlebih dahulu memproses terkait penodaan agama, karena aksi Ham yang mengakui Sensen sebagai rasul bukan kali pertama. “Sudah dua kali pelaku ini membuat pengakuan tertulis Sensen adalah rasul. Jadi kita proses perkara ini dulu,” katanya.

Budi mengaku akan terus mendalami kasus tersebut untuk mengantisipasi adanya reaksi masyarakat yang khawatir mengganggu stabilitas keamanan di Garut, khususnya di Caringin. “Untuk itu kita amankan orang yang bersangkutan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di masyarakat,” katanya.

Terkait pemeriksaan terhadap Sensen yang diakui sebagai rasul, kata Kapolres, sudah dilakukan pada kasus-kasus sebelumnya. Bahkan Sensen sudah divonis dalam persidangan yang dinyatakan mengalami gangguan jiwa. “Sensen sudah lama dipanggil, diperiksa, dua kali sudah dipanggil oleh tim kedokteran sakit jiwa,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.