Polisi Bentuk Tim Khusus Ketersediaan Masker & Penyebar Hoax Corona di Kota Tasik

143
0

KOTA TASIK – Polres Tasikmalaya Kota bentuk tim untuk mengawasi ketersediaan sejumlah komoditas di wilayahnya, termasuk masker, terkait dengan kepanikan masyarakat akan virus corona (Covid-19).

Tim itu, menurut Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto, akan melakukan pemantauan mengantisipasi adanya penimbunan barang oleh sejumlah pihak untuk mencari keuntungan pribadi.

Anom mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dengan adanya kasus virus corona di Indonesia.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak panik, apalagi sampai menimbun kebutuhan logistik, kebutuhan pokok, masker, atau alat kesehatan lainnya.

“Kita akan tindak seiapapun orangnya yang menimbun kebutuhan itu,” katanya kepada radartasikmalaya.com, Jumat (06/03) pagi.

Ia menerangkan, timnya sudah bergerak untuk melakukan pengawasan di lapangan. Pihaknya, akan terus memonitor kondusivitas masyarakat Tasikmalaya.

Anom juga meminta masyarakat tidak menimbulkan keresahan terkait virus corona.

Apalagi, sampai membuat atau menyebarkan informasi hoaks.

Jika ada yang menyebarkan hoaks, polisi tak segan untuk melakukan tindakan.

“Saya pikir ini situasi yang mengharuskan kita bertindak bijak. Kita ikuti anjuran instansi pemeringah yang kompeten. Tidak perlu menyebarkan berita yang tidak jelas sumbernya,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya, Uus Supangat menuturkan, pihaknya telah beberapa kali melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat terkait virus corona.

Hal itu dilakukan pihaknya, agar warga tetap tenang dan tak panik berlebihan.

“Kita beri pemahaman itu (virus corona) bisa diantisipasi dengan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), menjaga kesehatan, dan jangan panik. Insya Allah Tasik masih aman,” tuturnya.

Ia menambahkan, Dinkes juga akan terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat, melalui puskesmas dan posyandu.

Dengan begitu, masyarakat di level bawah pun dapat mendapatkan informasi yang memadai.

Sebab, dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan membentuk Crisis Center Virus Corona, yang akan diisi oleh orang-orang yang memiliki kompetensi dari berbagai instansi.

“Rencana tim Crisis Center Covid-19 ini langsung dipimpin Wali Kota dan melibatkan instansi terkait seperti TNI, Polri, dan IDI. Jadi setiap informasi yang beredar bisa langsung tekonfirmasi. Hoaks juga bisa diminimalisir,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.