Beranda Rakyat Garut Polisi Ringkus Pemeras Kades Cilawu

Polisi Ringkus Pemeras Kades Cilawu

27
0
BERBAGI
YANA TARYANA / RAKYAT GARUT DIAMANKAN. Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menunjukkan barang bukti pemerasan saat ekpose Jumat (12/1).

KARANGPAWITAN – Tiga wartawan gadungan diringkus Satreskrim Polres Garut saat tengah beraksi di Desa Cilawu Kecamatan Cilawu pada Rabu (10/1). Mereka diduga telah memeras kepala desa.
“Modus pelaku menyelidiki Dana Desa. Pelaku juga mengaku (ditugaskan) dari Kementerian Desa, lalu minta uang,” kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna saat ekspos di Mapolres Garut Jumat (12/1).
Budi menjelaskan ketiga pelaku adalah warga Bekasi. Mereka sengaja datang ke Garut untuk memeras kades penerima Dana Desa. Dalam aksinya, para pelaku menghubungi Kades Cilawu lebih dulu menggunakan telepon seluler dan mengaku sebagai petugas dari Kementerian Desa. Saat itu, para pelaku menuding ada kesalahan dalam penggunaan Dana Desa Cilawu dan meminta uang Rp 10 juta agar kasus itu tak diungkap ke publik.
“Dia menghubungi kepala desa, disampaikan dari Kemendes (ngaku dari Kementerian Desa, Red). Di lapangan minta uang Rp 10 juta, dikasih Rp 1 juta. Lalu, minta lagi Rp 4 juta, korban merasa ada kejanggalan akhirnya lapor ke polisi,” terangnya.
Sebelum diamankan polisi, kata dia, para pelaku sempat diamankan warga. Ketiganya ditahan berikut barang bukti berupa kartu pers, mobil Daihatsu Ayla dengan stiker media massa milik mereka dan uang hasil pemerasan sebesar Rp 5 juta. “Kita amankan id card, mobilnya juga, termasuk uangnya Rp 5 juta,” terangnya.
Kini, ketiga pria itu ditahan di Mapolres Garut dan dijerat Pasal 368, 369 dan 378 KUHP dengan ancaman hukuman selama empat tahun penjara. “Pelaku sudah kami tahan untuk diselidiki lebih lanjut, dimana saja pelaku ini melakukan aksinya itu,” katanya.
Kapolres menyarankan masyarakat maupun aparatur desa berani melaporkan setiap tindakan mencurigakan dan meresahkan. “Silakan lapor. Kami siap melakukan tindakan cepat selama 24 jam,” tandasnya. (yna)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here