Polisi Siap Bantu Pasokan Darah

15
0
DONOR DARAH. Salah seorang perwira Polres Garut dicek tensi darah sebelum mendonor Rabu (19/6). Polres Garut siap membantu jika stok darah di PMI kosong. Yana Taryana / Rakyat Garut

KARANGPAWITAN – Polres Garut siap membantu masyarakat, khususnya penderita thalasemia jika stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Garut kosong. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna.

“Jika ada yang membutuhkan (darah) dan di PMI tidak ada, silakan datang ke Polres Garut. Kami siap membantu,” ujar kapolres usai mengikuti donor darah dalam rangka Hari Bhayangkara di Aula Mumun Surachman Mapolres Garut Rabu (19/6).

Budi mengakui kebutuhan darah, terutama untuk penderita thalasemia memang banyak dan stok darah di PMI Garut sering terjadi kekurangan. Seperti contoh, dua minggu lalu ada dua orang tua yang anaknya menderita thalasemia datang ke Polres Garut untuk meminta pendonor. “Tindakan itu (datang ke Polres) sangat tepat, karena anggota kami di sini banyak. Jadi kami siap membantu untuk cari pendonor,” katanya.

Menurut Budi, saat stok darah di PMI kurang akan jadi masalah bagi penderita thalasemia. Karena, mereka harus rutin mendapatkan transfusi darah untuk mempertahankan hidupnya. Maka dari itu dirinya mengimbau semua anggotanya bisa membantu penderita thalasemia.

“Kalau donor rutin di lingkungan Polres Garut tiap tahun kita laksanakan. Di luar itu kalau ada penderita thalasemia yang perlu pendonor bisa minta anggota untuk jadi pendonor,” jelasnya.

Budi menyampaikan polisi harus hadir di tengah masyarakat, termasuk bagi para penderita thalasemia. Apapun yang bisa dilakukan untuk membantu, pihaknya akan berusaha memberikan bantuan. “Apalagi, ini kan urusannya dengan nyawa, kita prihatin, kita empati terhadap para penderita thalasemia,” tegas Budi.

Sementara itu, khusus untuk Hari Bhayangkara Polres Garut mengusung tema kemanusiaan. “Ada 33 Polsek di Garut, semua meng­gelar acara HUT Bhayangkara, temanya ke­manusiaan, bisa donor darah, baksos, santunan, operasi bibir sumbing dan lainnya,” katanya. Budi berharap aparat kepolisian bisa semakin dekat dengan masyarakat dan bisa lebih mengayomi masyarakat. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.