Polres dan Dishub Garut Melakukan Ramcek, Dua Elf Dilarang Beroperasi

46
0

TAROGONG KIDUL – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Garut bersama Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pemeriksaan kendaraan (ramcek) angkutan di Terminal Guntur Kecamatan Tarogong Kidul Rabu (18/12). Pemeriksaan dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, khususnya pada libur Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dishub Garut Suherman mengatakan dari hasil pemeriksaan kelaikan kendaraan, tim menemukan dua angkutan jenis elf tidak memenuhi kelaikan berkendaran. Pihaknya pun mengeluarkan larangan beroperasi kepada dua angkutan tersebut. “Kami keluarkan teguran keras kepada sopir elf. Satu elf sangat membahayakan penumpang karena remnya blong,” ujarnya kepada wartawan kemarin.

Pihaknya akan mengizinkan kedua angkutan itu beroperasi jika kelaikan kendaraanya diperbaiki. “Harus diperbaiki dulu, baru boleh mengangkut penumpang lagi,” katanya.

Sementara itu, satu elf lainnya dilarang beroperasi karena tak melengkapi surat kendaraannya. KIR elf tersebut juga sudah kedaluarsa. “Sudah kami minta agar besok (hari ini, Red) diuji KIR dulu. Harus lengkap untuk kenyamanan penumpang di masa libur akhir tahun,” ujarnya.

Suherman memeriksa 20 elf di Terminal Guntur. Pasalnya banyak elf yang sering dikeluhkan penumpang karena tak memerhatikan faktor keselamatan. “Besok (hari ini, Red) juga akan ada tes urine untuk sopir. Kesehatannya juga dipantau, jangan sampai lagi sakit memaksakan diri narik elf,” ucapnya.

Bagi angkutan umum yang masih membandel, pihaknya tak segan menahan kendaraan tersebut. Daripada membahayakan nyawa penumpang, lebih baik menghentikan operasionalnya. Di masa libur akhir tahun, pihaknya juga sudah memetakan jalur-jalur yang dipadati wisatawan. (yna)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.