Polres Garut Awasi Pelaksanaan MPLS

68
0
MENGAWASI. Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna bersama guru dan siswa baru di SMKN 1 Garut Rabu (17/7). Anggota Polres Garut akan mengawasi pelaksanaan MPLS di sekolah-sekolah. Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Polres Garut akan terus mengawasi jalannya masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di setiap sekolah, dari tingkat SMP hingga SMA/SMK. Hal tersebut dikatakan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna.

“Kita sudah menugaskan para Babinkamtibmas di setiap wilayah untuk melakukan pengawasan pelaksanaan MPLS,” ujar kapolres usai melakukan pembekalan kepada siswa baru di SMKN 1 Garut Rabu (17/7).

Menurut dia, pengawasan dilakukan untuk mencegah adanya tindakan kekerasan atau perpeloncoan pada masa MPLS. Kegiatan tersebut, kata dia, masa rawan terjadinya tindakan tersebut. “Kami juga sering mengingatkan kepada sekolah untuk terus waspada, karena ini masa rawan, sering dijadikan aksi balas dendam oleh kakak tingkatnya,” katanya.

Dia berharap MPLS tetap dijalanya; untuk pengenalan lingkungan kepada para siswa baru. Paling tidak di MPLS siswa sudah mengenal kakak kelasnya, guru-guru dan kepala sekolanya. “Diharapkan pada kegiatan ini (MPLS) tidak ada lagi kegiatan seperti yang lalu-lalu (perpeloncoan dan kekerasan), apalagi sampai adanya korban, itu sangat tidak diharapkan,” katanya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Garut H Dadang Johar Aripin menyambut baik dengan adanya peran pihak kemananan dalam mengawasi jalanya MPLS di sekolahnya. “Dari polsek setiap hari sering kali melihat kegiatan (MPLS), tapi sekarang yang ditekankan ialah pendekatan yang humanis terhadap anak-anak, tidak boleh ada perpeloncoan sebagaimana yang dikemukakan oleh bapak KCD (Kantor Cabang Dinas Pendidikan),” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.