Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Polres Kota Banjar Tetapkan 4 Tersangka Kasus Proyek Situ Leutik

151
0

BANJAR – Polres Kota Banjar menetapkan empat tersangka dalam kasus proyek Situ Leutik, yang memakan korban jiwa.

Para tersangka ini di antaranya; AS dan AF pelaksana Proyek Sirtu Leutik, ASA dan YMS sebagai pengawas.

Dalam menetapkan tersangka, polisi memiliki tiga alat bukti hasil penyelidikan dan penyidikan.

“Alat bukti yang kami kumpulkan sebagai dasar penetapan yakni keterangan dari 22 saksi termasuk PPK dari Lingkungan hidup, Surat Visum, dan petunjuk. Kemudian barang bukti dari TKP ada celana korban yang meninggal dunia, kemudia kayu sepanjang 6 meter yang terbagi menjadi tiga bagian. Kayu tersebut digunakan sebagai penopang bangunan Dome yang kemudian ambruk. Kemudian alat bukti material beton yang roboh,” kata Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana saat konferensi pers di Mapolres Banjar, Senin (2/12).

Menurut AKBP Yulian, kasus tersebut murni tindak pidana umum. Dasarnya karena ada kelalaian yang dilakukan oleh para tersangka.

“Kondisi bangunan sudah miring dan dipasang penyangga. Pengerjaan ini harusnya dilakukan dengan masa 28 hari namun dikebut menjadi empat hari. Pengawas sudah mengetahui hal ini namun malah ikut mendorong supaya berlanjut. Akhirnya roboh,” ungkap Kapolres.

Ia menambahkan, para tersangka telah melanggar pasal 359 KUHP junto pasal 360 KUHP junto pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

“Pengungkapan kasus kami selesaikan selama 2 minggu. Selain terjadi tindak kelalaian, jenis material yang digunakan dalam bangunan itu tidak sesuai spesifikasi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) juga tidak digunakan oleh pekerja padahal sudah disiapkan,” ujarnya.

(Cecep Herdi / Radar Tasikmalaya)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.