Pondok Pesantren Khoerul Huda Pancatengah Gelar Wisuda Gabungan

461
0
ISTIMEWA KOMPAK. Para lulusan MTs, MA, PAUD dan Pondok Pesantren Khoerul Huda Kecamatan Pancatengah kompak foto bersama usai wisuda, Minggu (23/6).

TASIK – Yayasan Khoerul Huda Tasikmalaya menggelar wisuda gabungan antara pondok pesantren, PAUD, MTs dan MA, Minggu (23/6).

Ketua Yayasan Khoerul Huda Tasikmalaya, KH Habib Muslim mengatakan ini merupakan wisuda gabungan pertama yang dilaksanakan sejak 1997. Kali ini diikuti oleh 63 siswa MTs, 14 MA, 10 santri dan 29 Pendidikan Anak Usia Dini (PADU). “Dalam wisuda ini diharapkan para lulusan bisa menjadi manusia yang bermanfaat dan bermartabat di masyarakat,” ujarnya kepada Radar, kemarin

Kata dia, pihaknya yakin para lulusan bisa menempatkan diri dalam posisi terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat. Karena, apa yang sudah diberikan saat bangku pelajaran berjalan seimbang, antara sains dan ilmu agama. Dengan demikian, mereka akan menjadi pribadi yang kuat dari sisi iman dan pintar dari sains. “Keseimbangan dalam ilmu sangat penting dimiliki generasi muda, sehingga mereka menjadi pribadi yang baik ketika mendapatkan tanggung jawab apa pun,” terangnya.

Menurutnya, sepintar apa pun orang, tapi tidak dibarengi dengan keimanan yang kaut, akan sulit untuk selalu menjaga amanah.

Pentingnya keseimbangan ilmu agama dan keilmuan untuk penyeimbang di tengah hiruk pikuknya ekonomi. Karena ketika ilmu agama tidakk ada kurang seimbang.  “Yang kami tekankan adalah bagaimana keseimbangan antara sains dan ilmu agama. Sehingga dalam kesehariannya, pesantren bisa sinergi dengan sekolah dalam mencetak lulusan terbaik,” terangnya.

Jelas dia, dalam pembelajarannya ada beberapa segmen yang diterapkan kepada para peserta didik. Mulai dari ibadah, ubadiyah (sifat) dan ubudah. Sehingga para peserta didik mampu memahami menjalankannya dengan baik.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memberikan mereka kemampuan di luar keilmuan. Seperti keterampilan bermasyarakat dalam mengurus jenazah, keahlian menjadi seorang arsitektur, seni dan lainnya yang bisa mendorong peserta didik memiliki tambahan kemampuan. “Sehingga ketika mereka lulus dan terjun di masyarakat bisa bermanfaat,” paparnya.

Yulianti, lulusan MTs Khoerul Huda me­­­­ngaku bangga bisa bersekolah di si­ni. Banyak pengalaman yang di­­­da­pat dan mungkin tidak akan di­­te­­­­mui di se­kolah lain. “Banyak ke­­san yang ti­dak bi­sa dilupakan. Mu­­­­dah-mudahan il­mu yang saya da­pat bisa benar-benar ber­­manfaat ba­gi semuanya, saya juga akan terus me­­­lan­jutkan di MA Khoerul Hu­da se­­­hing­ga sains dan ilmu agama sa­­­­ya se­­makin ma­­­tang,” pung­kasnya. (yfi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.