Ponpes Darussalam Cetak Lulusan Berkualitas

814
0
MERIAH. Para wisudawan dan wisudawati santri angkatan ke-6 Kharisma Generation Ponpes Darussalam meriah saat foto bersama dengan pengurus dan pimpinan pesantren, Jumat (28/6). foto-foto: DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

RAJAPOLAH – Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Rajapolah Tasikmalaya menggelar syukuran milad ke-12 dan wisuda santri angkatan ke-8 atau “kharisma generation”. Santri yang diwisuda mencapai 65 orang, Jumat (28/6).

Hadir dalam acara tersebut Staff Ahli Pembangunan dan Ekonomi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat Drs H Dady Iskandar MM mewakili Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. Penjabat Sekda Kabupaten Tasikmalaya Drs Iin Aminudin MSi mewakili Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP dan hadir juga Direktur Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) KH Mashudi Subari MA mewakili Pimpinan Pondok Modern Gontor.

Kemudian Letkol Infantri Suhara mewakili dari Pangdam III Siliwangi, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Drs KH Ismail Abdullah Budi Prastyo dan perwakilan dari Polda Jawa Barat (Jabar) oleh Kabagren dan Polres Tasikmalaya Kota oleh Kompol Aris Baya serta para wali murid dan tokoh masyarakat.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iin Aminudin MSi mengatakan, para alumni baik yang baru lulus atau sudah lama untuk senantiasa menjaga almamater Ponpes Darussalam dengan baik.

“Ingat dan selalu berbakti kepada orang tua, jaga diri dan beradaptasilah. Kami pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Pondok Pesantren Darussalam karena telah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya generasi di Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap Iin kepada Radar, kemarin.

Kemudian, kata dia, Darussalam juga ikut investasi sumber daya manusia atau lulusan terbaik. Karena tidak mudah dan perlu waktu yang lama dalam mencetak lulusan-lulusan terbaik sebagai penerus generasi bangsa. “Kita berpesan agar para lulusan ini ketika hidup berdampingan di lingkungannya selalu berhati-hati dengan lingkungan yang tidak baik,” katanya.

Staff Ahli Pembangunan dan Ekonomi Pemerintah Provinsi Jawa Barat Drs H Dady Iskandar MM mengatakan, lembaga pesantren harus bisa mandiri tidak hanya mengajar mengaji dan juga memberi makan santrinya. “Bukan hanya ngarah tetapi ngarih,” ungkapnya.

Kata Dady, lembaga pondok pesantren secara langsung membantu pemerintah dalam peningkatan karakter dan kualitas anak bangsa menjadi lebih baik. “Visi Jabar lima tahun ke depan kita menjadikan pesantren juara dari berbagai disiplin ilmu. Karena wisuda ini menjadi langkah strategis dalam dunia pendidikan, dalam mencetak lulusan terbaik,” paparnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya, KH Ahmad Deni Rustandi MAg mengaku bersyukur karena sampai usia ke-12 tahun, pondok pesantren ini tetap istikamah mewariskan nilai-nilai Islam pada santri dan lulusannya.

“Maka kewajiban para alumni Ponpes Darusalam yang sudah lulus ini menyamai nilai-nilai Islam di mana pun mereka berada nantinya. Alhamdulillah 100 persen alumni melanjutkan pengabdiannya baik ke perguruan tinggi, maupun dunia kerja. Bahkan ada yang sampai melanjutkan sekolah ke Medan Sumatra Utara,” ujarnya.

Direktur Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) Pondok Modern Darusaalam Gontor KH Mashudi Subari memberikan pesan dan nasihat kepada para alumni dan lulusan Ponpes Darussalam agar tetap istikamah mencari dan mengembangkan serta mengamalkan ilmunya di masyarakat.

“Karena dengan semakin bertambahnya usia dan zaman maka tanggung jawab pun semakin meningkat. Maka pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya oleh salah satu pihak,” paparnya.

Menurut KH Mashudi, pendidikan mental, moral, spiritual, akademis tidak cukup hanya diucapkan saja tetapi juga harus dibina dan dibiasakan, salah satunya oleh lembaga pesantren. “Salah satu sifat pondok pesantren adalah yakni menciptakan lulusan atau alumni serta siswa yang memiliki jiwa kemandirian, termasuk Ponpes Darussalam ini,” tambahnya. (dik/adv)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.