Ponpes di Pangandaran Diverifikasi

14

PARIGI – Sebanyak 40 orang yang masuk tim ekspedisi pondok pesantren (ponpes)  dilepas langsung oleh Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari. Tim ekspedisi tersebut bertugas memverifikasi ulang data pondok pesantren yang berada di Kabupaten Pangandaran.

Ketua Ekspedisi Pondok Pesantren Hari Santri Nasional Ucu Saful Aziz mengatakan tim ekspedisi berasal dari para ajengan,  perwakilan Kemenag dan Pemkab Pangandaran. ”Tujuan ekspedisi ini untuk silaturahmi dengan beberapa pesantren,” tuturnya kepada wartawan di Setda Kabupaten Pangandaran Selasa (9/10).

Verifikasi pondok pesantren  dilakukan kelima titik, agar lebih mengefesiensikan waktu. ”Kegiatan pertama akan dilakukan di  Ponpes Manabaul Huda, yang mencakup tiga kecamatan seperti Padaherang, Kalipucang dan Mangunjaya,” tuturnya.

Wakil Bupati H Adang Hadari menyampaikan ekspedisi pondok pesantren merupakan rangkaian peringatan hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. ”Semua kegiatan ditanggung pemerintah Kabupaten Pangandaran,” terangnya.

Ia menuturkan setiap tahun Pemkab Pangandaran menyalurkan bantuan sebesar Rp 100 juta untuk pondok pesantren. ”Bantuan tersebut diberikan secara bertahap, kepada pihak pondok pesantren,” ujarnya.

Menurut Adang, saat ini ada  179 pondok pesantren yang aktif di Kabupaten Pangandaran. ”Itu dari dari Kesra dan saat ini sedang di verifikasi lagi,” singkatnya. (den) 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.