Ponpes Idrisiyyah Tasik Cetak Santri Bermanfaat untuk Umat

137
1

TASIK – Ponpes Idrisiyyah Tasikmalaya menyelenggarakan haflah ikhtitam atau perpisahan santri kelas 6 yang sudah menyelesaikan studi pendidikan menengahnya baik MA ataupun SMK.

Haflah ikhtitam diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an,  sambutan-sambutan, penampilan santri berupa marawis, hadroh dan puisi. Acara puncaknya yakni pembacaan SK kelulusan pondok pesantren serta pengumuman santri berprestasi dan teladan.

Haflah ikhtitam diikuti jajaran pengurus tarekat Idrisiyyah, pengurus direktorat pendidikan, para kepala sekolah, komite, staf pendidik dan tenaga kependidikan pesantren Idrisiyyah. Acara ini disaksikan secara daring oleh orang tua wali santri melalui Zoom maupun Live Facebook.

Acara diakhiri dengan wejangan dan motivasi dari Direktur Pendidikan Tarekat Idrisiyyah Ustaz Asep Deni MPd dan alumni santri Idrisiyyah Ustaz Ahmad Tazakka Bonanza  SPdI  MM.

Mudir Pondok Pesantren Idrisiyyah Putra sekaligus Kepala Divisi Pendidikan Menengah Ustaz Cecep Hidayatulloh mengungkapkan, kegiatan ini merupakan acara syukuran karena para santri telah menyelesaikan studi pendidikan menengah.

Selain itu, acara ini untuk motivasi siswa agar terus semangat belajar dan menuntut ilmu hingga akhir hayat.

“Kami terus memotivasi agar para santri dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkan untuk keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat. Diharapkan para santri dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya dan mengamalkan ilmu yang telah didapat selama ini,” ujarnya kepada Radar, Minggu (28/6).

Cecep mengatakan, manfaat besar yang dapat diambil hikmahnya pada kegiatan ini di antaranya mengajarkan ilmu agama, ilmu umum berupa sains, ilmu teknologi dan ilmu-ilmu terapan lainnya kepada para santri dan masyarakat.

Para santri ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada perkembangan keilmuan.

“Ini merupakan awal, langkah menuju pribadi yang lebih baik, saleh dan saleha. Apapun profesinya diharapkan dapat bermanfaat bagi orang lain, bagi nusa, bangsa dan utamanya untuk agama,” katanya. (obi)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.