Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyyah Cihaur Beuti Ciamis Potong Hewan Kurban Pake Kerangkeng

459
1
POTONG HEWAN KURBAN
Panitia kurban tampak bersiap memotong hewan kurban dengan menggunakan kerangkeng besi. foto: iman s rahman/ radartasikmalaya.com

CIAMIS – Guna menghindari kecelakaan dari tendangan hewan qurban, panitia dari Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyyah Dusun Cikole Kulon RT 04/05 Desa Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupupaten Ciamis, menggunakan metode kerangkeng besi.

Sabtu (1/8) pagi di halaman Masjid AL- Hidayah Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyyah, panitia kurban mempraktikan metode tersebut.

Penasehat Umum Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyyah, KH Ma’sum Achmad Hasan didampingi Ketua Panitia Qurban sekaligus Pimpinan Ponpes KH Jamaludin Rahman mengatakan, saat ini penyembelihan 9 ekor hewan qurban.

Enam diantaranya dari masyarakat dan tiga dari Ponpes. Dimana untuk tahun 2020 ini memakai metode pemotongan hewan kurban yang lebih praktis dan aman.

“Dengan metode krangkeng ini, pertama hewan qurban tidak stres saat disembelih. Karena diikat dengan kencang dari mulai kepala, kaki hingga badan, lalu tersandar dengan baik ke besi kerangkeng,” paparnya.

“Metode ini aman tak akan ada orang yang tertendang sapi, seperti yang banyak terjadi, hingga merenggut jiwa,” sambungnya.

Setelah dipraktekan, kata Ma’sum, ternyata lebih simpe. Dimana, prosesnya cepat.

“Mengikat sapi sampe penyembelihan itu memerlukan waktu hanya lima menit saja. Bahkan sapi tidak setres dan kulitnya tidak cacat,” ungkapnya.

“Artinya dengan metode pakai kerangkeng ini aman, mempercepat pekerjaan, bahkan secara secara Islam juga terbilang bagus karena tidak membikin hewan stres dan mempengaruhi juga kepada kelejatan dagingnya,” tuntas pria yang juga Imam FPI Jawa Barat.

(iman s rahman)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.