Populasi Lutung Capai 100 Ekor

155
0
DIPOHON. Seekor lutung terlihat berada di atas pohon Selasa (27/8). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
DIPOHON. Seekor lutung terlihat berada di atas pohon Selasa (27/8). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Populasi kera jenis lutung di kawasan Cagar Alam Kabupaten Pangandaran mengalami peningkatan. Kini jumlahnya telah mencapai 100 ekor.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Kabupaten Pangandaran Uking Iskandar mengatakan saat ini sekitar 100 ekor lutung yang hidup berkelompok di Cagar Alam.

”Dulu jumlahnya hanya 80 ekor, sekarang mencapai 100 lebih,” ujarnya kepada Radar, Selasa (27/8).

Menurutnya, 100 ekor lutung itu berada dalam tujuh kelompok berbeda. ”Satu kelompoknya itu terdiri dari 10 sampai 19 ekor, jumlahnya bervariasi,” terangnya.

Lanjut dia, habitat lutung bisanya berada di pohon-pohon, mereka mengonsumsi dedaunan dan buah-buahan. ”Seperti buah cemara, jambu kemudian dedaunan dan lain-lain,” jelasnya.


Uking menambahkan ketersediaan makanan untuk hewan lutung memang masih terhitung banyak. ”Tapi tetap saja ada dua kelompok lutung yang biasa ke luar dari habitatnya, mungkin hanya di Pangandaran ada lutung yang turun dari pohon,” katanya.

Dia mengatakan populasi kera lutung masih tergolong aman, mereka juga jarang diburu manusia ataupun pemangsa. ”Kalau di Cagar Alam tidak ada perburuan,” jelasnya.

Saat inim pihaknya sedang melakukan penelitian hewan lutung, bersama dengan ilmuan Jepang. ”Tiap kelompoknya sedang diteliti lagi,” ujarnya.

Salah seorang pengunjung cagar alam, Ramdhan (28) mengaku penasaran ingin melihat kera lutung. ”Malahan yang mudah dijumpai itu hewan monyet, kalau lutung saya jarang lihat,” katanya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.