Kandidat Harus Memiliki Kedekatan dengan Legislatif

Posisi Wabup di Tangan DPRD

Haris Sanjaya

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Partai pengusung pasangan Uu-Ade pada Pilkada 2015 memang memiliki kewenangan untuk mengusulkan nama pengisi posisi wakil bupati (wabup) pada sisa periode ini. Akan tetapi keputusan akhirnya siapa yang akan mendampingi Ade Sugianto sebagai bupati definitif berada di tangan DPRD.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Haris Sanjaya mengatakan secara aturan normatif partai pengusung yang terdiri dari PDI Perjuangan, PAN dan PKS memiliki kewenangan untuk mengusulkan maksimal dua nama ke DPRD untuk ditentukan satu yang akan menduduki jabatan wabup. “Setelah ada usulan dua nama dari partai pengusung, nanti akan diterima oleh panitia pemilihan yang dibentuk DPRD. Kemudian penentuannya nanti dipilih oleh semua anggota dewan dengan mekanisme yang belum ditentukan. Ya jadi keputusan akhirnya ada di tangan DPRD,” ujarnya saat dihubungi Radar, Jumat (14/9) malam.

Lanjut dia, ketika penentuan ini dilakukan oleh anggota dewan jelas nantinya akan ada komunikasi dan lobi politik. Akan tetapi, sejauh ini belum ada pembahasan baik formal mau pun informal terkait siapa yang akan mengisi jabatan wakil bupati. “Belum, belum ada pembahasan apa pun. Karena saat ini untuk bupati definitifnya saja belum dilantik dan masih dalam proses,” bebernya.

Lanjut dia, ketika partai pengusung sudah mengusulkan dua nama DPRD harus memutuskan satu untuk mengisi jabatan wakil bupati. “Ya tidak boleh tidak dipilih. Karena diusulkannya dua, jadi harus dipilih satu terbaik,” ungkapnya.

Dia berharap kriteria yang diusulkan partai pengusung kepada DPRD memiliki kapasitas, kapabilitas dan chemistry dengan bupati definitif. Sehingga keduanya bisa sama-sama bekerja dengan baik memajukan Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian dengan adanya hak pilih dari DPRD, diharapkan juga para calon pengisinya memiliki hubungan yang baik dengan eksekutif dan legislatif. “Kita sangat harapkan muncul sosok yang mampu saling mengisi satu sama lain serta hubungan baik dengan DPRD,” terangnya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Ferry Willyam menambahkan pihaknya akan tetap mengacu kepada aturan. Kemudian siapa pun yang diusulkan partai pengusung akan dipelajari mana terbaik akan diberikan pilihan. “Kalau dari Demokrat diharapkan wakil bupati itu yang bisa mengerti soal pemerintahan,” tandasnya. (yfi/dik)

loading...