Dua Rumah Rusak Tertimpa Longsor di Wilayah Talegong

35
0
BPBD Garut RUMAH AMBRUK. Masyarakat bersama TNI dan BPBD Kabupaten Garut gotong-royong membersihkan material longsor Kamis (7/3).

TALEGONG – Hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Garut mengakibatkan tebing di Kecamatan Talegong longsor Rabu siang (6/3). Akibatnya, dua rumah yang berada di bawah tebing tertimpa material longsoran itu.

Kedua rumah rusak milik Oon (38) warga Kampung Datarkupa RT 01/04 Desa Mekarwangi dan Dadang (32) warga Kampung Cipaku RT 02/04 Desa Mekarwangi. “Longsor ini terjadi di dua kampung dengan waktu yang berbeda. Satu pukul 13.15 dan satu lagi pukul 16.00,” ujar petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Imat kepada wartawan Kamis (17/3).

Dia menuturkan longsornya tebing yang menimpa rumah warga terjadi ketika hujan deras hingga sehari semalam. “Memang kemarin (Rabu) hujan tidak berhenti, baik di wilayah Garut maupun Talegong. Hingga longsor terjadi,” paparnya. Meski longsor merusak dua rumah, tetapi tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa tersebut. Saat kejadian, warga tidak ada di dalam rumah.

Imat menerangkan kerusakan akibat longsor diperkirakan mencapai puluhan juta. Kedua rumah yang terkena longsor mengalami rusak berat. “Perkiraan kami kerusakan kedua rumah ini kerugiannya sekitar Rp 60 juta, karena hampir ambruk,” paparnya.

Saat ini, kedua keluarga yang rumahnya tertimpa longsoran tebing sudah dievakuasi ke rumah sanak keluarganya. “Saat ini kami masih melakukan penangan dan mengevakuasi barang milik korban dibantu dengan warga dan Muspika Cigeduh,” terangnya.

Dia pun mengimbau masyarakat Kabupaten Garut selalu waspada mengingat tingginya potensi bencana pada musim hujan seperti yang terjadi saat ini. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.