Potensi IMB di Kabupaten Ciamis Capai Rp 10 Miliar

12

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Potensi retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah tinggal di Kabupaten Ciamis sebesar Rp 10 miliar.

Namun yang tercapai baru sebesar Rp 200 juta. Pencapaian tersebut masih sangat kecil dari target Rp 1,85 miliar tahun ini.

Menurut Kabid Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis Agus Yani, kesadaran masyarakat untuk membuat IMB rumah tinggal masih relatif rendah.

”Padahal, IMB itu sangat dibutuhkan untuk kebutuhan persyaratan perbankan dan pelayanan publik lainnya,” jelas Agus kepada wartawan di ruangannya, Senin (15/10).

DPMPTSP sudah meng­gen­carkan sosialisasi pentingnya IMB kepada masyarakat. Na­mun, rata-rata masyarakat itu me­ngurus IMB ketika ada ke­per­luan perbankan atau PLN.

Pa­dahal, membuat IMB itu ti­dak sulit. Tinggal me­lam­pir­kan gambar bangunan dan luas bangunan serta bahan-ba­han bangunan.

Bahkan pem­buatan IMB dapat dilakukan di setiap kecamatan. Khusus untuk luas bangunan yang maksimal 200 meter persegi. Bila di atas itu harus diurus ke DPMPTSP.

“Kami akan mem­bantu masyarakat de­ngan melayani pembikinan IMB rumah tinggal dengan mak­simal dan cepat,” janjinya. (isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.