Beranda Pangandaran Potensi Zakat PNS Rp 250 Juta, Terkumpul Rp 60 Juta

Potensi Zakat PNS Rp 250 Juta, Terkumpul Rp 60 Juta

96
BERBAGI

PARIGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Zakat, Infak Dan Sedekah sebelum pemerintah pusat mewacanakan pemotongan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 2,5 persen untuk zakat baru-baru ini.

“Yang jelas kita punya perda zakat, infak dan sedekah itu bukan hal yang baru. Bahkan kita juga sudah membentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di tiap dinas hingga kecamatan termasuk di setda,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Mahmud SH MH kepada Radar, Minggu (11/2).

Siapa presiden pilihan mu nanti di 2019 ?

Dari implementasi perda itu, pihaknya sudah mengumpulkan hasil zakat cukup banyak setiap bulannya. “Walaupun belum seperti yang diharapkan. Karena tidak unsur pemaksaan di dalamnya,” tuturnya.

Kebijakan pemerintah pusat yang baru tentang zakat, terang dia, bisa disinkronkan dengan aturan yang sudah ada. “Apakah aturan di sini sudah sama atau tidak dengan kebijakan pemerintahan pusat,” jelas dia.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pangandaran Drs Hendri Suganda mengatakan zakat, infak dan sedekah yang terkumpul dari PNS Kabupaten Pangandaran setiap bulannya mencapai sekitar Rp 60 juta.

“Kalau potensi zakat PNS Kabupaten Pangandaran Rp 250 juta per bulan dan Rp 3 miliar per tahun,” ungkapnya.

Zakat tersebut dikumpulkan oleh setiap UPZ lalu disetorkan langsung kepada Baznas. “Bisa melalui rekening ataupun langsung disetorkan ke kantor Baznas,” jelasnya.
Menurutnya, zakat itu diprioritaskan untuk fakir miskin minimal sekitar 65,5 persen.

”Kalau yang lainnya untuk membantu sarana keagamaan masjid dan lain-lain,” terangnya.

Dia menjelaskan kalau ada peraturan presiden yang mengatur pengelolaan zakat PNS, maka pengumpulan zakat akan lebih maksimal. “Kalau sekarang belum semuanya yah. Kalau ada perpres pasti bisa menyeluruh dan lebih maksimal lagi,” ujarnya. (den)

loading...