PPDB 2019 Terapkan Jalur Zonasi 90 Persen

955
SOSIALISASI. Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Dr H Dadang Yudhistira SH MPd menyosialisasikan PPDB Online 2019 kepada operator SD se-Kota Tasikmalaya Selasa (14/5), Fakhtur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tasikmalaya akan digelar 1-6 Juni 2019. Seperti tahun sebelumnya, PPDB Online 2019 menggunakan sistem zonasi.

Hal ini terungkap dalam sosialisasi PPDB Online 2019 yang digelar Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya di Kompleks Perkantoran Jalan Ir H Juanda Kota Tasikmalaya Selasa (14/5). Sosialisasi ini diikuti operator dari 222 Sekolah Dasar (SD) se-Kota Tasikmalaya.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Dr H Dadang Yudhistira SH MPd mengatakan PPDB 2019 dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu zonasi dengan kuota minimal 90 persen, prestasi dengan kuota maksimal lima persen dan jalur perpindahan orang tua dengan kuota maksimal lima persen.

Aturan PPDB Online 2019 sistem zonasi ini tertuang dalam Permendikbud 51 tahun 2018.

Ia menjelaskan, penerapan sistem zonasi mengharuskan calon peserta didik untuk bersekolah di sekolah yang memiliki radius terdekat yakni 0 sampai 140 meter dari domisilinya masing-masing.

Sistem zonasi juga bertujuan menghilangkan dikotomi sekolah favorit dan non favorit. “Melalui sistem zonasi tak ada lagi yang namanya sekolah favorit,” katanya.

Pada sosialisasi ini, pihaknya juga menginformasikan kepada operator SD untuk mengisi identitas secara lengkap pada sistem PPBD Online. Syarat dasar pendaftaran adalah kartu keluarga (KK).

“Jangan sampai orang tua membuat KK abal-abal hanya untuk mendaftarkan anak ke SMP yang dianggap favorit,” imbaunya.

Pengawas operator PPDB Online 2019 Andre Herdian menjelaskan cara menentukan garis koordinat kepada peserta sosialiasasi.

“Garis koordinat sebagai pengukur sistem zonasi dari rumah ke sekolah. Itu nantinya sebagai penentu masuk ke SMP,” kata dia. (mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.