PPDB Jalur Prestasi Didominasi Tahfiz

129
0

TASIK – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP jalur prestasi didominasi dari prestasi tahfiz Alquran. Hal ini diungkapkan Kepala SMP Negeri 2 Tasikmalaya Dra Hj Dadah Nahidah MPd.

“Adanya penambahan kuota jalur prestasi dari awalnya 5 persen menjadi 15 persen menjadi peluang bagi siswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik,” ujarnya.

Menurutnya, pendaftar dari jalur prestasi tahfiz cukup banyak, mereka harus hafal Alquran minimal 1 Juz. “Siswa langsung ujian hafalan ketika mendaftar,” katanya. Penilaian hafalannya termasuk aspek tajwid dan murotal.

Terpisah, Wakil Kepala SMPN 1 Tasikmalaya Bagian Kesiswaan Lalan Dahlan MPd menjelaskan pembukaan PPDB 2019 dengan jalur non zonasi kebanyakan dari prestasi tahfiz atau penghafal Alquran. “Mereka adalah bibit unggul, hafalan Alqurannya diuji Kamis (27/6) oleh guru agama,” ujar dia.

Salah satu siswa yang mendaftar ke SMPN 1 Tasikmalaya Almer Labib Rizkina mengatakan, ia mendaftar lewat jalur prestasi tahfiz. “Mendaftar di sini (SMPN 1, Red) dengan sertifikat hafalan Alquran. Alhamdulillah sudah hafal dua juz. Semoga apa yang bisa semakin berprestasi di SMPN 1 Tasikmalaya ,” harapnya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.