PPDI Perjuangkan Kesejahteraan Perangkat Desa

178

SINGAPARNA – Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024 dilantik PPDI Provinsi Jawa Barat di Pendopo Baru Singaparna, Sabtu (8/2).

Langkah awal yang akan dilakukan oleh pengurus baru itu yakni konsolidasi internal.

Ketua PPDI Kabupaten Tasikmalaya, Nanang Saripudin menyatakan salah satu langkah awal kepengurusan baru adalah membentuk pengurus kecamatan (PK) PPDI di empat kecamatan. Dari 39 kecamatan baru dibentuk 35 PK.

Selain itu, pihaknya juga akan memperjuangkan kesejahteraan perangkat desa yang beban kerjanya cukup berat dalam melayani masyarakat.

PPDI juga akan menantikan janji Presiden Joko Widodo yang akan menaikkan upah perangkat desa setara dengan gaji pegawai negeri sipil (PNS) golongan 2A.

“Gajih perangkat desa saat ini paling besar masih Rp 1.300.000,” ujar Nanang yang terpilih menjadi Ketua PPDI dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) PPDI pada 15 Desember 2018.

Menurut dia, jika perangkat desa sejahtera, maka kinerjanya akan lebih meningkat dalam melayani masyarakat.

“Kami ingin memperjuangkan hak-hak kami terutama kesejahteraan,” ujar Sekretaris Desa Sirnaputra Kecamatan Cigalontang ini.

Ketua PPDI Kabupaten Tasikmalaya sebelumnya Iim Imron meminta pengurus baru meneruskan perjuangan para perangkat desa dalam meningkatkan kesejahteraan.

“Kemudian lebih meningkatkan kinerjanya untuk melayani masyarakat. Lebih baik lagi peran perangkat desa yang baik diteruskan dan yang masih belum maksimal lebih dioptimalkan lagi,” tutur dia.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Kabupaten Tasikmalaya Asep Abdul Ropik mengungkapkan LBH Ansor sebagai mitra siap membantu PPDI dalam memperjuangkan hak-haknya mendapatkan kesejahteraan.

“Kami akan bantu ketika ada kepala desa terpilih atau baru yang sewenang-wenang memberhentikan perangkat desa. Kita akan advokasi itu,” tutur Asep. (dik)

DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

DILANTIK. Pengurus PPDI Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024 dilantik di Pendopo Baru Singaparna, Sabtu (9/2).

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.