PPK dan PPS Rawan Disusupi

204
KPU KABUPATEN TASIK FOR RADAR TASIKMALAYA SOSIALISASI. KPU Kabupaten Tasikmalaya saat menyosialisasikan perekrutan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kantornya kemarin.

SINGAPARNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya akan segera merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Hal itu diungkapkan saat sosialisasi perekrutan PPK dan PPS kepada seluruh camat di kantor KPU kemarin (10/10).
“Hari ini kami mengundang muspida dan 39 kecamatan untuk sosialisasi badan adhoc bahwa tanggal 12 Oktober akan dibuka pendaftaran sehingga bisa ikut disosialisasikan,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya H Deden Nurul Hidayat kemarin.
Untuk anggota PPK di kecamatan akan diisi oleh lima orang. Sedangkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) diisi oleh tiga orang. Persyaratannya minimal pendidikan terakhir lulusan SMA sederajat. Syarat lainnya mereka tidak pernah terlibat dalam partai politik. Mereka akan ditentukan dengan seleksi administratif, tes tulis dan wawancara. “Kami mengajak putra-putri terbaik Kabupaten Tasikmalaya untuk bisa mengikuti seleksi ini. Sehingga bisa berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pilgub Jabar,” terangnya.
Apakah PPK dan PPS rawan disusupi tim sukses calon atau partai politik? Deden membenarkan. Karena jabatan tersebut sangat strategis dalam merencanakan kecurangan. Apalagi badan adhoc tersebut merupakan penyelenggara pertama di daerah.
Maka dari itu, KPU akan proaktif dan terbuka dalam meminta tanggapan kepada masyarakat. Karena masyarakat pasti tahu, mengingat calon PPK dan PPS harus sesuai dengan domisili kecamatan. Termasuk wajib melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai bahwa yang bersangkutan tidak terlibat atau berafiliasi dengan partai politik. Apabila setelah dilantik yang bersangkutan diketahui terlibat partai KPU akan bertindak tegas dengan memberhentikannya.
Pihaknya berharap semua unsur termasuk masyarakat bisa memberikan masukan apabila ada calon PPK atau PPS yang disinyalir terlibat partai politik. Sehingga bisa diawasi sejak dini atau bahkan digugurkan. (yfi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.