PPKM Mikro di Kota Tasik Bakal Dilakukan di Tingkat RW Hingga RT, Jika..

104
0
Loading...

KOTA TASIK – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan surat intruksi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, untuk daerah.

Di Kota Tasik sendiri, kebijakan tersebut akan terlebih dahulu melihat data dan kondisi penyebaran Covid-19.

“Bahkan data itu sudah kita minta ke setiap kecamatan-kecamatan, termasuk pak Plt sudah meminta ke setiap puskemas,” ujar Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tasik, Ivan Dicsan yang dihubungi melalui ponselnya, Senin (08/02) sore.

Data yang dibutuhkan untuk melihat bisa tidaknya diberlakukan untuk PPKM Mikro itu, terang dia, dilihat dari tingkat penyebaran di tingkat Rukun Warga (RW).

“Data penyebaran setiap RW itu belum semua, nanti akan kita lihat dan rapatkan bersama tim Satgas Penanganan Covid,” terangnya.

loading...

Nantinya, tambah Ivan, dengan kreteria-kreteria yang ada itu karena sesuai intruksi Mendagri harus ada kreteria, seperti zona hijau, kuning, oranye dan merah.

“Pokoknya nanti diputuskan setelah kita lihat dulu peta penyebarannya,” tambahnya.

Menurut dia, sesuai intruksi Mendagri pelaksanaan PPKM Mikro itu hingga tingkat Rukun Tetangga (RT), dengan itu pemetaannya di tingkat RW.

Makanya nantinya akan ada kriteria-kriteria.

Salah satu contohnya di satu RW itu ada 10 orang terpapar akan menjadi zona merah RW tersebut.

“Tetapi untuk di Kota Tasik ini tidak ada ya kalau yang sampai zona merah tingkat RT. Mudah-mudahan tidak ada,” harapnya.

Rencana PPKM mikro tersebut akan menjadi evaluasi Satgas.

Bahkan saat ini Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kecamata sedang mengumpulkan data, untuk bahan evaluasi itu.

“Untuk nanti penjagaan bila memang diberlakukan PPKM Mikro TNI dan Polri sudah siap melakukan penjagaan di tempat yang memang dilakukan PPKM Mikro,” tukasnya.

Bahkan, pihaknya akan mengoptimalkan kembali satgas Covid-19 di tingkat kelurahan, meskipun sebelumnya pada awal sudah dibentuk Satgas tingkat kelurahan itu.

“Intensitas kegiatan dioptimalkan kembali di tingkat kelurahan,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.