PPNI Konsisten Utamakan Kepentingan Masyarakat

63

BALE KOTA – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) hari ini memasuki usianya yang ke 45 tahun. Perayaan HUT PPNI Cabang Kota Tasikmalaya digelar di Bale Kota, Kota Tasikmalaya, Senin (18/03).

Wali Kota Tasikmalaya, H Budi Budiman mengatakan, tema hari lahir PPNI tahun 2019 adalah keluarga dan masyarakat sehat bersama perawat.

“Sehat bukan hanya dari hilir saja (keluarga, red) tetapi sehat harus berada di hulu yang membentuk masyarakat mengerti tentang kesehatan,” katanya.

Budi mengatakan, perawat memiliki peran yang sangat penting, baik dalam mengawal keluarga dan umumnya masyarakat. “Peran tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, kemauan, dan kemampuan hidup sehat,” tegasnya.

Budi berharap, dengan tema tersebut PPNI dapat membuka wawasan serta opini masyarakat dan mampu mendongkrak pengakuan masyarakat terhadap profesi perawat ke arah yang lebih positif.

Sementara itu, Pengurus DPW PPNI Provinsi Jabar, Unang Arifin Hidayat mengatakan, perawat Indonesia memiliki dasar hukum yang jelas. Dasar hukum tersebut termuat di UUD No 38 Tahun 2014 tentang keperawatan. “Sehingga kegiatan perawat bersumber dan bermuara dari perlindungan hukum tersebut,” katanya.

Unang menjelaskan, kegiatan program tahun 2019 bertemakan Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat. Kegiatan tema tersebut harus dijabarkan ke tingkat kabupaten dan kota, agar informasi yang disampaikan dapat diterima jelas. “Ini menjadi pegangan bagi seluruh komunitas perawat di indonesia khususnya di Kota Tasik,” katanya.

Selain itu, Unang mengatakan bahwa perawat bisa membuka praktek mandiri. Dalam UUD No. 38 Tahun 2014 perawat diberikan wewenang praktek secara mandiri dalam keperawatan. “di Tasikmalaya sendiri sudah terdapat 50 orang perawat yang membuka praktek secara mandiri,” katanya.

Dari segi sistem kesejahteraan, kata Unang, PPNI sedang merancang standar pengupahan. “Kesejahteraan dalam tanda kutip bukan hanya uang, juga termasuk pengakuan,” tandasnya.

Unang berharap, PPNI kedepan bisa lebih konsisten dan lebih mengutamakan kepentingan masyarakat. [anshari]

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.