Pramuka MAN 2 Tasik Dorong Anggota Jadi Pioneer Generasi Muda

55
0
CERDAS DAN KREATIF. Anggota Pramuka Ambalan KH Ruhiyat Siti Fatimah meraih banyak prestasi. Kehadiran organisasi Pramuka di MAN 2 menjadi wadah pembentukan karakter anak muda.
CERDAS DAN KREATIF. Anggota Pramuka Ambalan KH Ruhiyat Siti Fatimah meraih banyak prestasi. Kehadiran organisasi Pramuka di MAN 2 menjadi wadah pembentukan karakter anak muda.

TASIK – Pramuka Ambalan KH Ruhiyat Siti Fatimah Pangkalan MAN 2 Tasikmalaya jadi organisasi tertua dan organisasi wajib yang diikuti oleh seluruh siswa MAN 2 Tasikmalaya. Bahkan organisasi ini meraih banyak prestasi.

Koordinator Bidang Kajian Pramuka MAN 2 Tasikmalaya Sopia Nindia Anggraeni mengungkapkan, Pramuka menjadi sarana pemuda untuk menemukan jati dirinya. Lewat Pramuka juga, siswa MAN 2 Tasikmalaya dibentuk karakter sosialnya.

“Terlebih kita sadari bahwa saat ini kesadaran bermasyarakat dan kesadaran tolong menolong di kalangan pemuda masih dikatakan minim. Pramuka hadir untuk mendorong pemuda agar aktif berperan dan bertanggung jawab untuk dirinya dan masyarakat sekitarnya,” ujarnya kepada Radar, Selasa (23/6).

Terlebih di masa pandemi ini, Pramuka MAN 2 Tasikmalaya yang saat ini dipimpin oleh Gun Gun Gunawan dan Devia Rahma Fitria ini harus mampu memberikan edukasi dan contoh yang baik di masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Ia menceritakan, kegiatan Pramuka Ambalan KH Ruhiyat Siti Fatimah  hadir dengan beberapa program mingguan di antaranya pertemuan rutin anggota dan pertemuan pengurus setiap hari Jumat. Pertemuan ini untuk membahas segala bidang yang menyangkut ranah pramuka dan sosial.

“Pramuka Ambalan KH Ruhiyat Siti Fatimah yang dibimbing oleh pembina Bapak Abdul Wahab selalu mengajarkan kami bagaimana untuk hidup dengan selaras dan senantiasa bermasyarakat, tak lepas dari itu untuk senantiasa berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,” kata dia.

Lanjut Sopia, dengan dukungan yang penuh dari madrasah, organisasi ini terus berjalan beriringan untuk mewujudkan Pramuka Madrasah Hebat Bermartabat. Bersamaan dengan moto madrasah maka Pramuka Ambalan KH Ruhiyat Siti Fatimah  hadir dengan dasar nyantri, nyeni dan nyakola.

Adapun prestasi yang pernah diraih di antaranya Juara 3 Vlog Santri Moderat PPSN Jabar 2019, Juara 2 Desain Grafis PPSN Jabar 2019 Juara Umum 2 Perkemahan Santri Nusantara 2019, Harapan 1 LKBB Wukuf Nasional 2019, Juara 2 MTQ Wukuf Nasional 2019, Juara 2 PUK Gelora Cipasung 2020, Juara Umum 1 Gelora Cipasung 2018, Juara Umum 1 Wukuf Nasional UIN Bandung 2017 dan Juara Umum 2 PPMP 2016.

Semua perjalanan tidak lepas dari kerja keras dan bimbingan guru-guru serta dukungan dari Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya yang tidak lelah men-support secara lahir beserta batin.

“Kami berharap dengan hadirnya Pramuka Ambalan KH Ruhiyat Siti Fatimah  menciptakan daya tarik tersendiri untuk adik-adik terutama yang akan melanjutkan pendidikan SMA di MAN 2 Tasikmalaya,” harap Sopia. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.