Prestasi Non Akademik Sama-Sama Penting

31

TAWANG – Tim basket putra SMPN 3 Tasikmalaya berhasil mengalahkan SMPN 1 Tasikmalaya pada final Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kota Tasikmalaya di Gor Sukapura, Senin (18/3). Sementara, tim basket putri SMPN 1 Tasikmalaya keluar sebagai juara setelah menumbangkan SMPN 17 Tasikmalaya.

Kasi Kesiswaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Dr Asep Rusyadi menjelaskan, O2SN tidak menitikberatkan kepada siapa yang kalah dan menang, tetapi lebih kepada peningkatan prestasi di bidang olahraga basket. “Saya apresiasi kepada mereka semuanya, karena semuanya saya lihat punya prestasi,” ujarnya.

Dia ingin prestasi para pelajar itu menjadi belak masuk SMA melalui jalur non akademik. “Saya enggak ingin mereka yang punya prestasi di bidang olahraga, kesulitan untuk masuk SMA,” tutur dia.

Menurut dia, paradigma masyarakat secara umum masih menganggap bahwa prestasi yang baik itu ada di bidang ilmu eksak. Padahal, pendidikan yang harus ditanamkan kepada siswa yang paling penting adalah kreativitas. “Siswa harus mampu memecahkan masalah dengan menggunakan kreativitasnya,” kata dia.

Prestasi di bidang olahraga, akta dia, merupakan salah satu bentuk kreativitas yang sangat baik. Meskipun, bukan berarti pelajar boleh mengesampingkan prestasi di bidang akademik. “Lebih bagus itu seimbang, tapi jangan menyepelekan prestasi di bidang apa pun selama itu positif,” ujarnya. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.