Prioritaskan Normalisasi Sungai Cikidang Pangandaran

278
0

PARIGI – Sejumlah sungai di Kabupaten Pangandaran mengalami pendangkalan dan penyempitan sehingga menjadi penyebab banjir. Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata berharap segera dilakukan normalisasi sungai.
“Hari ini kita berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS) di Kota Banjar. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya. Kita berharap dapat menghasilkan keputusan,” ungkap Jeje kepada Radar, kemarin (15/11).
Menurut dia, sungai yang harus segera dinormalisasi salah satunya yaitu Sungai Cikidang di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran. “Kondisinya sudah mengecil. Jadi kalau hujan sering banjir. Apalagi jika air laut sedang pasang, karena lokasinya sudah dekat ke laut,” ujarnya.
Jeje menjelaskan banjir dari luapan Sungai Cikidang yang tersendat kerap merendam ratusan rumah di Blok Bojong Tempel Desa Babakan.
Selain itu, sungai Cikelewung, Cijalu dan Cikembulan juga mengalamai hal yang sama. “Sungai-sungai itu sudah mengalami pendangkalan. Namun memang masih relatif lebar,” papar dia.
Jeje menambahkan dari pertemuan tersebut hasilnya dibentuk tim untuk penanganan permasalahan sungai yang ada di Kabupaten pangandaran. “Akan ada peninjauan ke lapangan hari Jumat,” ungkapnya.
Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Barat Nana Nasuha mengatakan pihaknya sudah mengusulkan penanganan Sungai Cikidang dan Cijulang. “Penanganan sungai bukan hanya spot by spot saja. Tetapi harus mulai dari hulu, tengah sampai muara,” tuturnya.
Pihaknya juga mulai melakukan identifikasi sejumlah sungai yang menjadi permasalahan bencana di Kabupaten Pangandaran. “Beberapa sungai yang masuk kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kita bahas sehingga bisa merumuskan pe­na­nganannya,” kata dia.
Sementara itu, Kepala BBWS Citanduy Danang mengatakan penanganan sungai dapat diusulkan kepada pemerintah pusat dengan rekomendasi dukungan dari sejumlah pihak. “Kita bisa mengajukan anggaran untuk penangana sungai kepada pemerintah pusat,” ungkapnya. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.