Prioritaskan SD Pakai Tenda

258
0
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA RAPAT KERJA. Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan rapat kerja dengan Disdikbud di ruang rapat komisi IV, Senin (8/1).

SINGAPARNA – Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk perbaikan sekolah yang memakai tenda untuk belajar siswa.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ami Fahmi ST menjelaskan saat ini ada dua SD di Kecamatan Salawu yang belajar di tenda. Hingga kemarin, Disdikbud baru mengusulkan anggaran perbaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Kita tidak berharap seperti itu. Jangan menggantungkan bantuan dari pusat,” ujar Ami kepada wartawan usai memimpin raker dengan Disdikbud, Senin (8/1).
Ami meminta Disdikbud mengubah Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD yang dikelola Disdikbud untuk diprioritaskan perbaikan SD yang rusak akibat gempa. “Karena masih dimungkinkan diubah. Masih dievaluasi oleh gubernur. Ya prioritaskan dua sekolah yang pakai tenda untuk diperbaiki,” terang Ami.
Sambil menunggu DPA cair, terang Ami, komite bisa melangkah lebih awal untuk mulai perbaikan sekolah yang pakai tenda dengan jaminan dinas juga akan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan sekolah itu.
Kepala Disdikbud Drs H Kundang Sodikin MPd menjelaskan perbaikan sekolah yang rusak akibat gempa itu sudah menjadi prioritas. “Kami juga sudah memverifikasi data sekolah yang rusak untuk masuk tanggap darurat kebencanaan ke BPBD,” jelasnya.
Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Disdikbud Kartiwa SPd MMPd menambahkan Disdikbud baru mengusulkan anggaran perbaikan sekolah ke Kemendikbud untuk sekolah rusak berat. “Menteri pendidikan menginginkan pertengahan Januari sudah ada list berapa sekolah yang dapat bantuan,” kata Kartiwa.
Di Disdikbud, kata dia, sampai saat ini belum ada anggaran perbaikan fisik sekolah yang rusak akibat gempa. “Dari disdik tidak ada anggaran,” ungkapnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.