Produk Cat Juga Punya Sertifikat Halal

37
Penyerahaan sertifikat halal secara simbolis oleh Direktur LPPOM-MUI Pusat Dr. Lukmanul Hakim M.Si di Zest hotel Bandung dalam acara "Maritex Halal Certification Announcement" Bandung, Rabu (13/3) ( FOTO : HABIBIE/ RADAR BANDUNG)

BANDUNG – Sekarang bukan hanya pangan, obat dan kosmetika yang mendapatkan Jamimam Sertifikasi Halal (SJH). Kini produk bangunan seperti cat juga bisa mendapatkan sertifikasi halal.

Seperti yang dilakukan PT Rajawali Hiyoto terhadap salah satu rangkaian produk unggulanya Maritex saat penyerahaan sertifikat secara simbolis oleh direktur LPPOM-MUI Pusat Dr. Lukmanul Hakim M.Si yang dilaksanakan di Zest hotel Bandung dalam acara “Maritex Halal Certification Announcement” Bandung 13 Maret 2019.

Direktur LPPOM-MUI Pusat Lukmanul Hakim mengatakan, kriteria diantaranya seperti bahan produk hingga fasilitas produksi. Dimama bahan yang digunakan dalam pembuatan produk yang disertifikasi tidak boleh berasal dari bahan haram atau najis.

“Perusahaan harus mempunyai dokumen pendukung untuk semua bahan yang digunakan, kecuali bahan tidak kritis atau bahan yang dibeli secara retail. Karakteristik/profil sensori produk tidak boleh memiliki kecenderungan bau atau rasa yang mengarah kepada produk haram atau yang telah dinyatakan haram berdasarkan fatwa MUI,” ujarnya.

LPPOM-MUI telah melakukan serangkaian uji terhadap bahan baku, proses produksi, teknologi, serta sistem management perusahaan dan kemudian memberikan Sertifikasi Jaminan Halal (SJH) untuk seluruh rangkaian produk maritex, yaitu cat tembok, kayu, besi, genteng, wall filler, politur, dan zincromate.

“Pentingnya memilih produk halal serta cakupan sertifikasi halal yang dapat mencakup cat. Kita sudah ada pedoman barang-barang apa saja yang bisa disertifikasi Halal. Karena didalam kandungan cat itu bisa mengandung babi, diantaranya, pigmen, binder resin, solvent, additive beton,” ungkapnya.

Wahyu Murbandono selaku Complimance Committee Head PT Rajawali Hiyoto didampingi Yusup Aristiana Selaku Brand Manager Maritex menjelaskan, dengan meluasnya pemasaran produk maritex di wilayah mayoritas muslim, berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan kepercayaan pelanggan.

“Dilakukannya sertifikasi Halal bertujuan untuk membuat konsumen merasa nyaman, aman dan tentram dalam menggunakan ramgkaian produk Maritex,” imbuhnya.

Menurut Yusup cat itu merupakan produk yang digunakan untuk melindungi dan memperindah suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan yang berpigmen atau berwarna.

“Tentunya tidak hanya jaminan halal, jaminan kualitas juga akan selalu dijaga dengan harga yang terjangkau yang cukup di kelasnya. Maritex pasti berkualitas, pasti pas timbanganya, pasti halal,” ujarnya.

“Target pengembangan bisnis kita di lapangan tidak hanya berhenti di maritex saja, masih banyak, produk lainya yang akan kita sertifikasi halal,” pungkasnya.

(bie/Radar Bandung)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.