Produk Kreatif yang Diharapkan Ekspor, Hingga Dihadiahi Gedung Gedung Creative and Inovation Center

20
Payung Geulis merupakan produk kreatif Kota Tasikmalaya.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Hajatan tahunan bertemakan Tasikmalaya October Festival (TOF) 2018 sukses digelar sejak tanggal 13 Oktober hingga 16 Oktober 2018.

Kemeriahan acara yang diselenggarakan untuk memperingati 17 tahun Kota Tasikmalaya ini menjadi ajang wisata bagi masyarakat Kota Tasikmalaya khusunya. Termasuk masyarakat dari berbagai daerah di sekitar Tasikmalaya.

Ribuan pengunjung memadati stan-stan untuk menyaksikan berbagai komoditas khas Kota Tasik, berupa pameran produk kreatif mulai dari kerajinan, bordir, payung geulis, kelom geulis, anyaman mendong, kuliner serta pertunjukan seni. Pun, produk kreatif UMKM Kota Tasikmalaya.

Di hari Minggu (14/10/2018) digelar pula Karnaval Budaya yang diikuti berbagai instansi, layaknya kegiatan karnaval di Jember Jawa Timur.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwista Kota Tasikmalaya, Hadian menuturkan, kegiatan Karnaval Budaya ini digelar di Jalan Otista, berupa gelaran busana dalam berbagai bentuk.

“Ada yang berbentuk burung garuda, merak, khas daerah, seperti bentuk kerajaan, kembang dan lainnya,” ungkap Hadian kepada wartawan.

Karnaval jampana yang merupakan helaran khas sunda ini pun tak luput di tampilkan. Iring-iringan Jampana berisi hasil-hasil bumi ini masing-masing ditandu beberapa orang.

“Ada puluhan jampana yang kurang lebih berukuran 1 meter.  Ditandu dan diringi kesenian mulai calung, angklung dan lainnya,” katanya.

Tamu-tamu penting Kota Tasikmalaya turut hadir, seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Anggota DPR RI Hj. Nurhayati, Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Anggota DPRD Kota Tasikmalaya, juga walikota-walikota Peserta Komwil III APEKSI, serta para pejabat dan stakeholder daerah Kota Tasikmalaya.

Mereka semua ikut serta carnaval budaya sambil menyapa masyarakat yang hadir hari itu.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman, juga mengundang puluhan pimpinan-pimpinan daerah di Jawa Barat, Daerah Istimwea Yogya dan Jawa Tengah.

Masing-masing daerah menampilkan berbagai produk-produk unggulan daerahnya masing-masing. Termasuk tamu undangan dari negara Jepang.

“Kita berharap dengan adanya Tasikmalaya Oktober Festival ini, bisa menambah pasar untuk produk kreatif UMKM Kota Tasik khususnya, hingga bisa eksport,” tandas Budi dalam sambutannya saat opening.

Selain pameran dan karnaval, berbagai rangakain pun dilaksanakan seperti Rakor Komwil III APEKSI di Hotel Grand Metro, Tasikmalaya Food Culinary, Muslim Fashion Show, bahkan Seminar Potensi Unggulan.

Penggunjung Tasikmalaya October Festival diperikirakan lebih dari dua juta orang.

Tak hanya datang pada siang hari saja, masayarakat pun banyak yang berkunjung ke area TOF pada malam hari.

Ada yang datang bersama keluarga, teman, sahabat juga kerabat. Menikmati berbagai sajian musik dari mulai tradisional hingga modern.

spot selfi

Empat hari pelaksanaan Tasikmalaya October Festival 2018 pun memberikan kesan yang meriah. Tidak hanya bagi warga Kota Tasikmalaya saja, juga bagi para pengunjung dari berbagai daerah.

fesival kuliner

Tak salah bila Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil member kado di hari jadi Kota Tasikmalaya ke-17 ini dengan menjanjikan pembangunan Gedung Creative and Inovation Center di Kota Tasikmalaya. Dan diharapkan bisa rampung akhir tahun 2019.

Hal itu disampaikan lelaki yang akrab disapa Kang Emil melalui akun Instagram-nya yang diposting Minggu sore (14/10).

Menurutnya, Kota Tasikmalaya memiliki anak muda yang kreatif. Dengan keterbatasan yang ada, percepatannya dianggap luar biasa.

“Pemprov Jabar tahun depan akan menghadiahi mereka Gedung Creative and Inovation Center,” tulisnya.

Dia tidak menyebutkan kapan pembangunan gedung itu akan dimulai, namun diharapkan bisa rampung Desember 2019.

RK juga menunjukkan design pembangunan gedung yang rencananya akan ditempatkan di Dadaha itu.

Dalam postingannya itu, RK juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kota Tasikmalaya ke-17.

Pemprov Jabar juga akan menghadiahkan pembangunan serupa di kota dan kabupaten lainnya. Namun dia menunggu momentum yang pas untuk menghadiahkannya.

Postingan tersebut mendapat respons dari ribuan dari netizen, mereka yang berdomisili di Kota Tasikmalaya langsung mengungkapkan rasa terimakasihnya di kolom komentar. (*/red/rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.