Produksi Sampah Kota Tasik Mencapai 289 Ton Per Hari

38

TAWANG – Produksi sampah di Kota Tasikmalaya setiap hari mencapai 289 ton. Namun baru 165 ton yang terangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Ciangir, Tamansari.

Menurut Kepala Bidang Pegelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Iwan Setiawan SIP, belum semua sampah bisa diangkut dari tempat pembuangan sampah sementara ke TPA, karena keterbatasan pegawai dan angkutan serta minimnya kesadaran masyarakat soal manajemen sampah.

Masyarakat, kata Iwan, masih menyatukan sampah organik dan bukan organik. Mereka tidak memilah sampah sebelum dibuang ke TPS. Akibatnya, semua sampah yang diproduksi harus dibuang ke TPA.

Sampah rumah tangga juga paling dominan atau lebih banyak dari sampah industri. Sampah rumah tangga paling banyak adalah plastik. Karena semua sampah dibuang ke TPS, maka efeknya, volume sampah dengan ketersediaan TPS tidak seimbang. Akibatnya muncul TPS liar.

“Produksi sampah rumah tangga paling banyak plastik dan sisanya dari industri. Berakibat kurangnya kesediaan lahan TPS masih kurang hingga menghasilkan TPS liar. Setidaknya adanya pemilahan (oleh warga, Red) sampah terlebih dahulu sebelum dibuang,” ujarnya saat diwawancara di kantornya kemarin (15/3).

Wawancara terpisah, Ketua Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (LPLHI) Asep Devo menilai masih banyaknya warga yang membuang sampah ke TPS liar, sungai dan irigasi, karena pemahaman mereka yang rendah soal kebersihan. Untuk itu, pemerintah harus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga tersebut.

“Pemahaman dan kesadaran dari masyarakat kota dan kurangnya sukarelawan di bidang lingkungan membuat tata ruang (Kota Tasikmalaya, Red) tidak resik,” ujarnya.

Salah satu pekerja pengangkut sampah di Jalan Indihiang sampai Jalan Ranca Bango Kikin (37) mengeluhkan kurangnya kesadaran warga soal kebersihan. Warga masih kerap membuang sampah ke TPS liar.

“Tahu tidak boleh membuang sampah. Namun masyarkat di sekitar menghiraukannya,” kata dia. (mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.