Program BPNT Disoal

54
AUDIENSI. Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) audiensi dengan Dinsos mempersoalkan program BPNT, Jumat (15/2). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Tasikmalaya mempersoalkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dinilai tidak sesuai prosedur dalam realisasinya.

Kordinator Lapangan PC PMII Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Multazam mengatakan program yang sudah berlangsung sejak tahun lalu ini dinilai banyak kejanggalan mulai dari data dan barang yang diterima penerima. “Memang program ini merupakan bantuan pemerintah dalam membantu kemiskinan di masyarakat,” bebernya kepada Radar, usai audiensi dengan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (15/2).

Lanjut dia, ada beberapa unsur dalam penyaluran berjalannya program BPNT. Di antaranya penerima manfaat harus tepat kepada yang tidak mampu, E-warung dalam hal ini yang menyediakan kebutuhan barang untuk penerima harus sesuai prosedur. “Ada beberapa kriteria untuk menjadi bagian unsur penting tersebut dan diatur oleh Permen No 31 tahun 2018,” paparnya.

Kata dia, yang paling jelas adanya kejanggalan dalam BPNT ini adalah soal kualitas beras yang diterima masyarakat. Banyak masyarakat mengeluhkan kualitas beras jauh dari layak atau standar yang ditentukan dalam program ini. “Kualitas beras yang diterima oleh penerima tidak sebanding dengan jumlah uang yang diberikan pemerintah,” paparnya.

Ketua PC PMII Kabupaten Tasikmalaya Lutpi Lutpiansyah meminta pemerintah daerah segera turun tangan untuk evaluasi program BPNT yang dinilai masih banyak kejanggalan. “Ya harus segera turun untuk dievaluasi, sehingga program ini bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya H Hasan Al Farouk mengatakan pihaknya hanya sebagai penyambung program ini dari pemerintah pusat kepada masyarakat. “Kami sangat mengharapkan program ini berjalan dengan lancar dan jangan sampai terganggu oleh hal-hal teknis,” singkatnya. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.