Program Vaksinasi Covid Secara Massal di Kota Tasik Mulai Disosialisasikan

127
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi vaksin covid-19
Loading...

KOTA TASIK – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, rencana pemerintah pusat melakukan vaksinasi massal saat ini mulai masuk tahapan sosialisasi.

“Untuk vaksin, kita tunggu dari pusat kejelasan waktu untuk Kota Tasik. Tapi yang jelas program itu sudah ada. Karena itu adalah salah satu strategi penanggulangan Covid-19 dengan vaksinasi,” katanya kepada wartawan, Rabu (09/12) siang.

Terang dia, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Pihaknya juga sudah rakor dengan pusat dan juga sudah mendapatkan berbagai arahan.

“Yang terpenting sekarang tahapannya adalah sosialisasi. Besok kita akan memulai sosialisasi secara massif oleh Plt Wali Kota dan Sekda,” terangnya.

Nantinya, beber dia, akan ditindaklanjuti dengan sosialisasi oleh puskesmas, kecamatan, kelurahan, RT/RW. Karena komunikasi publik dan edukasi ke masyarakat menjadi sangat penting, supaya tak ada resistensi.

loading...

“Harapan kami, ke depan semua dapat menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Ini penting untuk kebaikan kita bersama,” bebernya.

Pengalaman kemarin untuk vaksin dasar, tambah dia, masih ada resistensi dari sebagian kecil masyarakat. Walaupun pada akhirnya mau divaksinasi maka pihaknya harus melakukan upaya keras.

“Dalam vaksinasi Covid-19 mudah-mudahan itu tidak terjadi. Semua bisa menerima. Masyarakat tidak usah khawatir. Pemerintah sudah mempersiapkan ini dengan baik. Manfaatnya akan lebih besar,” harapnya.

Jelas dia, saat ini pihaknya juga sedang menyusun strategi pelaksanaan vaksinasi nanti. Misalnya cara pelasanaannya, tempat supaya tak terjadi kerumunan. Ini sedang disusun, termasuk penyiapan alat oendukung lainnya. Misalnya kotak dinginnya harus juga siapkan.

“Karena ini satu program yang akan dikerjakan secara massif dan besar. Ini kita harus hati-hati dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Tukas dia, kalau ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI), atau efek samping yang tidak diharapkan dari vaksinasi, masyarakat tak usah khawatir.

“Karena pemerintah sudah menyiapkan sistem penanggulangan KIPI secara baik. Pembiayaan juga ditanggung pemerintah pusat. Masyarakat tidak perlu takut. Kita sudah persiapkan secara baik semuanya,” tukasnya. (rezza rizaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.