Proses Pembebasan Lahan Jalan Tol Baticap Bisa Makan Waktu Lama

1304
3

KOTA TASIK – Sebanyak 13 ribu bidang tanah, di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan terdampak pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap (Baticap).

Jalan tol yang akan melintasi Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran hingga Cilacap Jawa Tengah itu, akan mulai dikerjakan secara fisik pada tahun 2022.

PPK Lahan Jalan Tol Baticap, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ade Sudrajat mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahapan sosialisasi penentuan lokasi (Penlok).

“Sampai tadi, sudah tidak ada kendala. Tapi kita minta pemerintah daerah menyiapkan data-data administrasi untuk pembebasan lahannya,” katanya kepada radartasikmalaya.com, Rabu (22/07).

Menurut Ade, yang ditemui usai rakor dengan Pemkot dan Pemkab Tasik di Hotel Horison, proses pembebasan lahan biasanya yang paling makan waktu lama

Tak jarang, proses pembebasan tersendat karena satu dan lain hal, sehingga pengoperasian jalan tol menjadi meleset dari target.

“Yang penting kan pembebasan lahan. Seperti yang tema-teman tahu, biasanya lama itu di pembebasan lahan. Kalau fisik mah dua tahun selesai,” bebernya.

Ia menargetkan, pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Gedebage Cilacap dapat selesai pada 2021.

Artinya, pembangunan fisik proyek jalan tol yang diprediksi bakal menghabiskan anggaran sebesar Rp57 triliun itu dapat mulai dikerjakan pada 2022.

Ungkap Ade pengerjaan proyek jalan tol Gedebage-Cilacap akan dilakukan dalam dua segmen.

Segmen pertama dari Gedebage hingga Tasikmalaya akan dikerjakan lebih dulu, yang targetnya dapat dioperasikan pada 2024.

Sementara segmen kedua, Tasikmalaya-Cilacap, akan dilaksakan tahun selanjutnya.

Kendati pelaksanaan proyek dikerjakan dalam dua segmen, penentuan lokasi dan pengadaan tanah harus dikerjakan secara keseluruhan. Setelah itu, baru pengerjaan fisik bisa dilakukan.

(rezza rizaldi)

Berita terkait : 16 Kelurahan Ini yang Akan Dilewati Tol di Kota Tasik
Loading...
loading...

3 KOMENTAR

  1. Assalamu,alaikum Wr Wb, Selamat dan Sukses Kepada Yth, Bapak Pa Ade Sudrajat selaku Pejabat Pembuat Komitmen/PPK Pengadaan Jalan Tol Bandung, Tasikmalaya dan Cilacap dari Kementrian PUPR Menyampaikan ekpose kepada Bupati, Walikota Camat dan Lurah dan berharap ada Data-data Bidang Tanah dari Warga Masyrakat dan Pemerintah RW dan RT, contoh sementara Warga Belum tau Denah dari 177 Bidang Tanah yang tergerus Jalan Tol di Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, mana hasil survai awal dan kajiannya,,,,? yang paling penting lagi dan harus pasti segera lanjutkan roadsow dan sampaikan hasil Kajian Penentuan Lokasi Trase Tol itu untuk segera disosialisasikan terutama Kepada Warga Masyarkat di Tingkat Pemerintahan Kecamatan, Kelurahan s/d, RW/RT,….? terimaksih atas atensi dari semua pihak semoga konten ada manpatnya Wassalamu’alaikum Wr Wb.

  2. Assalamu’alaikum Wr Wb. Kepada Yth, Walikota+Wakil Walikota Tasikmalaya, hari ini Kamis 1 Oktober 2020 masih di kampung wisata Ciakar ada harapan sama dari dan untuk warga dan Pemerintahan Kota Tasikmalaya yaitu dalam memperingati hari kesaktian Pancasila dengan semangat dalam rangka penangan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi. Selanjutnya Dengan segala kerendahan hati dan tidak mengurangi rasa hormat mohon kiranya bapak Yth. Walikota, Ade Surajat/PPK PUPR Prov. Jabar dll……untuk menyampaikan sosialisasi “Trase Tol Lengkap” Ke- kampung Wisata Ciakar dan sekitarnya dengan materi, Penlok, AMDAL, NJOP 2020, Peta Bidang+ daftar bidang by name by Adres dll…..?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.