Proses Sorlip Surat Suara di Pangandaran Dijaga Ketat Aparat Keamanan

39
0
SORLIP. Para penyortir sedang melakukan sortir-lipat pada surat suara Pilkada 2020. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Proses sortir lipat (sorlip) surat suara mulai dilakukan oleh KPU Kabupaten Pangandaran. Sorlip yang dilakukan di Islamic Centre Pangandaran ini dijaga ketat oleh aparatur keamanan.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mengatakan, sebanyak 50 badan AdHoc dilibatkan dalam proses sorlip surat suara ini.

“Mereka mulai melakukan sorlip surat suara sebanyak 328.400, ditargetkan selesai dalam empat hari ke depan,” katanya kepada Radar, Kamis (19/11).

Kata dia jumlah surat suara itu sesuai dengan DPT Kabupaten Pangandaran, ditambah 2,5 persen dan 2.000 cadangan untuk PSU. “Para pelipat ini dibagi menjadi 10 kelompok dan satu kelompoknya terdiri dari lima orang,” ungkapnya.

Mereka berusaha mengatur jarak para pelipatan ini sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan (prokes). “Jangan sampai timbul klaster Covid-19, itu tidak kita harapkan,” katanya.

Baca juga : Oknum Kader Partai Demokrat Pangandaran Belot Dukung AMAN

Pemakaian PAD, serta mencuci tangan juga diwajibkan bagi para penyortir ini. “Alasan kami memilih Islamic Centre ini juga karena ruangannya yang cukup luas, sehingga bisa dilakukan social distancing atau menjaga jarak,” katanya.

Loading...

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Pangandaran Maskuri Sudrajat mengatakan, penyortir diharapkan tidak melakukan kecurangan dalam proses sorlip. “Insya Allah mereka netral dan sudah teruji,” ungkapnya.

Kecurangan yang dimaksud adalah mencolok salah satu gambar pasangan calon. “Jangan sampai itu terjadi, nanti bisa ditandaklanjuti,” katanya.

Sejauh ini, beberapa surat suara ada yang mengalami kerusakan, namun pihaknya belum bisa memberikan data jumlah kerusakan tersebut. “Karena rekapnya harian,” ujarnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.