Protokol Kesehatan Hotel di Garut Diperketat

71
0

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan memperketat penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat wisata, terutama di sektor perhotelan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya membangun kepercayaan wisatawan agar nyaman saat berkunjung ke Garut, sehingga perputaran ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Heboh, Paguyuban Kandang Wesi Tunggul Rahayu Garut Cetak Uang Sendiri

“Jadi untuk keselamatan, keselamatan pengunjung dan juga trust (kepercayaan) kepada Garut, maka Garut itu betul-betul tegas menerapkan protokol kesehatan sehingga hotelnya aman,” kata Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan di Garut Selasa (8/9).

Ia menuturkan pemerintah berupaya menciptakan kepercayaan masyarakat, khususnya wisatawan dalam mengelola dan mengatasi berbagai masalah wabah Covid-19 di seluruh tempat, khususnya di lingkungan objek wisata di Garut.

Jika pemerintah daerah tidak mampu mengatasi masalah Covid-19, kata dia, maka akan berdampak buruk pada tingkat kepercayaan masyarakat, termasuk wisatawan dari luar kota.

“Kalau wisatawan datang ke Garut karena percaya pada Garut, ketika Garut tidak bisa mengelola Covid-19, mereka tidak percaya tidak akan ke Garut, ini yang harus kita pahami bersama,” terangnya.

Ia mengungkapkan pemerintah membuka kembali kegiatan pariwisata di tengah wabah Covid-19 agar terjadi pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Baca juga : Kasus Positif Corona di Garut Capai 96 Orang

Jika di lapangan ada kasus positif Covid-19, kata Helmi, maka tempat tersebut sesuai aturan harus ditutup sementara dan dilakukan penyemprotan disinfektan, termasuk menelusuri orang yang kontak fisik dengan pasien positif Covid-19.

“Kalau ditemukan yang positif harus cuti, hotelnya bisa dibersihkan dulu, ini mungkin bisa sampai tiga hari bisa operasi lagi, tergantung pemeriksaan, tergantung kecepatan hotel tersebut bisa membersihkan,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.