Proyek Air Baku Balokang Patrol Kota Banjar Bisa Nambah 4.700 Pelanggan

19
0
BELUM DIFUNGSIKAN. Intake air baku Balokang Patrol di Desa Jajawar Kecamatan Banjar saat ini belum difungsikan. Kini BBWS Citanduy memasang pipa baru dari lokasi itu hingga ke IPA di Desa Situ Batu.
Loading...

BANJAR – Perusahaan Umum Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Anom Kota Banjar berpotensi menambah 4.700 jumlah pelanggan atau sambungan rumah dari proyek air baku Balokang Patrol di Desa Jajawar Kecamatan Banjar. Hal tersebut dikatakan Humas Perumda Tirta Anom Kota Banjar Yogi.

Dia menyebut saat ini pelanggan yang sudah terdaftar di Perumda Tirta Anom baru sebanyak 200 sambungan rumah. Jumlahnya belum bertambah lantaran produksi air bersih Balokang Patrol belum berjalan.

“Ada potensi penambahan jumlah pelanggan sekitar 4.700 SR jika kapasitas air baku itu 50 liter per detik. Untuk penambahan jumlah pelanggan belum kami lakukan karena masih menunggu proyek itu tuntas,” kata Yogi melalui sambungan telepon, Senin (8/2/2021).

Penambahan jumlah pelanggan menjadi tanggung jawab pihaknya jika air baku Balokang Patrol sudah berfungsi, kemudian Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Situ Batu juga sudah bisa memproduksi air bersih.

“Saat ini ada 200 SR yang sudah siap dialiri air bersih itu merupakan pelanggan yang ada di Neglasari dan Situ Batu. Kita berharap juga proyek Balokang Patrol ini selesai sesuai rencana yang saat ini akan dipasang pipa baru untuk mengalirkan air dari Balokang Patrol di Desa Jajawar ke IPA di Situ Batu,” katanya.

loading...

Teknis penge­lolaannya, kata dia, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy akan menyerahkan aset dan pengelolaan itu ke Pemkot Banjar. Kemudian, setelah diserahkan akan dikelola Perumda Tirta Anom.

“Pengelolaannya akan dilakulan oleh kami. Itu kan nantinya hibah dari BBWS ke Pemkot Banjar jika proyeknya sudah selesai dan sudah bisa memproduksi air bersih,” kata dia.

Me­nurutnya, baik intake Balokang Patrol dan IPA Cibeureum merupakan satu rang­kaian yang akan dikelola Perumda Tirta Anom Kota Banjar jika sudah di­hibahkan.

“Nantinya ji­ka sudah di­kelola oleh Perumda, bi­aya ope­rasional lis­trik untuk produksi juga menjadi tang­gung jawab kami. Karena sudah diserahkan. Saat ini belum, karena belum ada penyerahan dan proyeknya juga masih dalam tahap penyempurnaan,” kata dia.

Proyek air baku Balokang Patrol sendiri mulai dibangun tahun 2014 di Desa Jajawar. Kemudian instalasi pengolahan air-nya dibangun di Desa Situ Batu. Banyak warga di Kecamatan Banjar yang terjangkau aliran air bersih itu berharap proyeknya cepat selesai dan segera berfungsi.

“Warga sudah mendambakan air bersih dari pe­manfa­atan proyek Balokang Patrol ini. Karena di wilayah kami dan sekitarnya merupakan wilayah yang sulit air bersih, apalagi ketika musim kemarau. Jadi kami berharap mega proyek yang sudah dibangun sejak lama ini bisa segera difungsikan supaya man­faat­nya terasa bagi masyarakat,” kata Kepala Desa Cibeureum Yayan Sukirlan. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.