Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.4%

20.4%

8.4%

66.9%

Proyek Jalan Poros Tengah Cilawu-Banjarwangi Garut Dihentikan

154
0
PEMBANGUNAN DIHENTIKAN. Bupati Garut H Rudy Gunawan saat diwawancarai. Dia menyebut saat ini pembangunan jalan poros tengah dihentikan. yana taryana / rakyat garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akhirnya menghentikan pembangunan jalan poros tengah, penghubung Kecamatan Cilawu dengan Banjarwangi. Penghentian dilakukan karena Pemkab Garut belum mengantongi izin pinjam pakai dan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Jalan poros tengah dihentikan. Sebelum ada izin pinjam pakai tak akan dilanjutkan,” ucap Bupati Garut Rudy Gunawan di Pendopo Garut, Rabu (26/8).

Baca juga : Razia Masker di Garut, Pelanggar Bisa Didenda

Menurut dia, anggaran pembangunan jalan poros tengah tahun ini dipastikan menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa). Semua proses pembangunan jalan yang sudah dilakukan sejak awal tahun tak akan dilanjutkan. “Sekarang anggaran yang sudah ada dipastikan jadi silpa. Karena tidak akan digunakan untuk pembangunan jalan,” ujarnya.

Rudy menyebut bisa jadi pembangunan jalan dilanjutkan tahun depan jika izin pinjam pakai dan Amdal dikeluarkan KLHK. “Kami coba anggarkan di tahun depan. Tapi baru akan dibangun kalau evaluasi dokumen lingkungan sudah ada. Sebelum ada izin, tak akan dilanjutkan,” katanya.

Rudy juga mengapresiasi langkah aktivis lingkungan yang mendorong Gunung Cikuray menjadi taman nasional. Terkait hal itu, Pemkab Garut juga akan mengirimkan surat ke KLHK terkait pengajuan Gunung Cikuray menjadi taman nasional. “Kami apresiasi dari konsorsium soal keinginan untuk menjadi Gunung Cikuray jadi taman nasional. Kami akan kirimkan surat ke KLHK untuk jadikan Cikuray taman nasional,” ucapnya.

Baca juga : Kampung Sumber Alam Resort Garut Banjir Diskon

Seperti diketahui, pembangunan jalan poros tengah dikritisi para aktivis lingkungan. Pasalnya Pemkab Garut dianggap tak menempuh perizinan saat melakukan pembangunan. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.