Proyek Tak Selesai, Tak Akan Dibayar

205
0

SINGAPARNA – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pembangunan jembatan dan pintu gerbang yang belum selesai dibangun di Kompleks Perkantoran Pemkab Tasikmalaya kemarin (12/11).
Uu meminta pemborong atau pihak ketiga bisa tepat waktu menyelesaikan pekerjaannya sampai 20 Desember. Jangan sampai pemerintah memberikan sanksi karena pekerjaannya tak tuntas. “Saya monev ke proyek pembangunan yang dilaksanakan pemkab, karena ada beberapa masyarakat yang melaporkan kepada kami bahwa secara kasat mata tidak mungkin selesai pada saat habis masa kontrak,” ujar Uu kepada wartawan di lokasi pembangunan jembatan dan pintu gerbang kemarin (12/11).
Selain itu, Uu juga meminta kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk membayar pemborong sesuai dengan progress pembangunan. “Jadi jangan sampai pekerjaan belum selesai tapi sudah dibayar seluruhnya. Ini berbahaya. Ini pelanggaran,” tegasnya.
Oleh karena itu, terang Uu, para rekanan atau pemborong harus berlomba dengan waktu. Siapa cepat penyelesaian pekerjaannya akan dibayar keseluruhannya. “Artinya siapa selesai pasti dibayar full. Kalau tidak selesai kami tidak berani untuk mengeluarkan anggaran kepada para rekanan,” ungkap Uu.
Kepala BPKAD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Nana Rukmana MM mengatakan akan membuat surat edaran kepada pihak pemborong untuk lebih cepat progres pembangunan jembatan dan pintu gerbang diselesaikan. “Kami punya limit waktu sampai tanggal 20 Desember untuk akhir penyerapan anggaran. Khawatir bilamana ada pekerjaan yang tidak selesai akhir tahun DAU dikurangi pusat,” terang Nana.
Jadi intinya, kata Nana, pemkab akan membayar progres pekerjaan yang diselesaikan pemborong. ”Kami akan serap sesuai dengan progres fisik. Kalau selesainya 90 persen, 90 persen akan dikeluarkan pembayarannya,” terang Nana. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.