Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Stagnan

13

JAKARTA – The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW)  memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh stagnan di kisaran 5,1 persen pada tahun 2018-2019. Hal ini merupakan hasil dari kondisi kebijakan moneter yang lebih ketat hingga meredam permintaan domestik swasta selama beberapa kuartal mendatang, namun diperkirakan lebih signifikan dibanding upaya-upaya lain untuk mendorong perekonomian Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi kuartal dua  pada sebagian besar negara Asia Tenggara sedikit menurun, dengan pertumbuhan PDB rata-rata wilayah tersebut mereda menjadi 5,2% secara year-on-year, yaitu turun dari 5,4 persen pada kuartal 1. Sedangkan Indonesia meningkat menjadi 5,3 persen pada tahun ini.

“Jumlah tersebut naik dari kuartal satu yang hanya 5,1 persen berkat dorongan akselerasi konsumsi pribadi,” ujar Sian Fenner selaku ICAEW Economic Advisor & Oxford Economics Lead Asia Economist, di Jakarta Minggu (23/9). Tantangan ke depan,  menurut Sian, kinerja ekspor yang terganggu oleh perang dagang. Tarif baru yang ditetapkan oleh AS dan Tiongkok menunjukkan adanya eskalasi ketegangan perdagangan. (mad/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.