PSBB di Ciamis Berakhir, Bus Kembali Beroperasi

303
0
PEMERIKSAAN. Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis mengontrol para penumpang dalam bus untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, Senin (15/6). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Ciamis sudah berakhir. Senin (15/6), aktivitas di terminal mulai ramai.

Angkutan umum bus mulai kembali beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Kasus Positif Corona Ciamis Nambah Satu dari Kecamatan Cipaku

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Drs H Endang Sutrisna MSi menjelaskan, beberapa Perusahaan Otobus sudah kembali beroperasi setelah selesainya PSBB.

“Kami terus kontrol bus yang masuk ke terminal, sekaligus menyosialisasikan kepada awak angkutan dan penumpang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

“Sedangkan untuk fasilitas protokol kesehatan di terminal, pihaknya sudah menyediakan di beberapa titik tempat cuci tangan dan imbauan untuk selalu menggunakan masker dan jaga jarak,” katanya, menambahkan.

Lanjut dia, sebenarnya masih waswas dibukanya terminal, karena wabah virus corona belum usai.

Namun, saat ini sudah mulai pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru (AKB) sehingga semua aktivitas harus kembali dilaksanakan dengan catatan para penumpang dan awak angkutan menerapkan protokol kesehatan.

“Setelah PSBB  selesai, pos penjagaan di perbatasan kini tidak ada. Petugas Dishub Ciamis bisa lebih konsentrasi dalam upaya penerapan protokol kesehatan, baik di dalam perkotaan dan daerah di Ciamis. Sehingga kami harapkan masyarakat lebih sadar protokol corona,” paparnya.

Kata dia, pada Senin ini sudah puluhan bus yang masuk terminal dan diprediksi ke depan akan terus ramai dan kembali normal seperti biasanya.

“Kita terus cek ke dalam bus yang masuk terminal supaya tetap menerapkan protokol kesehatan, termasuk jumlah penumpang dalam bus maksimal 50-60 persen dari total kursi, sehingga tetap menjalankan jaga jarak,” katanya.

Personalia Perusahaan Bus Gapuraning Rahayu (GR) Kabupaten Ciamis Ekky Brata Kusuma mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum beroperasi secara penuh.

Namun, untuk yang masuk terminal hanya untuk kir saja dan belum jalan.

“Kami belum beroperasi, karena Terminal Kampung Rambutan juga belum dibuka, jadi kami menunggu pemerintah pusat saja,” ujarnya.

Baca juga : Bagikan Sembako dan Kursi Roda, BEM se-Ciamis Juga Sosialisasikan Ini..

Terpisah, Direktur PT Sinar Aladdin Putra  Ci­amis Adhi Vieri SH menjelaskan, pihaknya sudah mengoperasikan armada termasuk ke Terminal Ci­amis dengan tetap menerapkan aturan untuk jumlah penumpang sebanyak 50 persen.

“Apalagi sekarang penumpangnya juga masih sepi,” ujarnya, menjelaskan. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.