PT KAI Pantau Jalur Rawan Bencana

19

TAWANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan keamanan jalur kereta api memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019.

Rabu (26/12), Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro bersama Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman dan Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto melakukan inspeksi jalur kereta. Beberapa stasiun dikunjungi termasuk Stasiun Tasikmalaya.

Edi menjelaskan inspeksi tersebut untuk memastikan kondisi jalur dan kesiapan stasiun dalam menghadapi momen tahun baru.

Pihaknya melibatkan unsur TNI dan Polri yang punya kepentingan dalam mengamankan masyarakat. “Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar,” ungkapnya kepada wartawan di Stasiun Tasikmalaya.

Di musim hujan ini, PT KAI melakukan pengawasan cukup ketat guna memastikan keamanan jalur. Pasalnya, di jalur selatan rawan longsor, banjir dan anjlok.

Di wilayah Tasikmalaya yang menjadi perhatian adalah wilayah Kadipaten yang sempat beberapa kali longsor. “Petugas kita dibantu TNI dan Polri untuk mengawasi titik-titik rawan,” terangnya.

Kemarin, kereta Galunggung rute Kiaracondong—Tasikmalaya (Kircontas) sudah beroperasi. Ke depannya, PT KAI akan terus mengembangkan rute khususnya Jakarta—Bandung—Tasikmalaya—Banjar.

Penambahan rute ini untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat. Sebagaimana diketahui jalur angkutan darat jalan raya semakin hari semakin padat. “Mana kala angkutan jalan raya padat kita harus membantu,” terangnya.

Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman mengatakan di jalur darat, kekhawatiran akan gangguan bencana memang tidak bisa dipungkiri.

Seperti halnya di Malangbong di mana tebing tanah mengalami longsor dan menutup separuh jalan utama. “Tapi sekarang alhamdulillah sudah normal,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya bekerja sama dengan TNI dan pemerintah daerah guna menyiagakan alat berat di lokasi strategis.

Supaya ketika terjadi bencana bisa sesegera mungkin ditanggulangi. “Jadi kalau ada apa-apa jaraknya tidak terlalu jauh,” tuturnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.