PT PNM Cabang Tasik Gelar Pelatihan Online, Olahan Sorgum Jadi Alternatif Usaha

212
0
ISTIMEWA PELATIHAN VIA ONLINE. PT PNM Cabang Tasikmalaya menyelenggarakan pelatihan secara online bagi pelaku usaha mikro dan kecil serta pelaku usaha ultra mikro, Selasa (14/7).

CIAMIS – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM Cabang Tasikmalaya menyelenggarakan pelatihan secara online bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) serta pelaku usaha ultra mikro. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Kantor Cabang PNM Tasikmalaya Selasa (14/7).

Peserta pelatihan online itu dari Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya dan Pangandaran. Acara tersebut bertema Diversifikasi Pangan: Manfaat dan Kreasi Tanaman Sorgum.

Baca juga : Alfamart Cimaragas Ciamis Dibobol Maling, Ini Barang yang Hilang..

Tujuan pelatihan tersebut untuk mengedukasi nasabah mengenai sorgum sebagai makanan pokok selain beras. Sorgum dapat diolah menjadi beragam makanan dan dipasarkan sebagai alternatif usaha. Acara tersebut dihadiri perwakilan PNM yaitu, Sekretaris Perusahaan Errinto Pardede, Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha Rizky Wisnoentoro dan Kepala Cabang Tasikmalaya Luki Nurwendhi.

Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT PNM Pusat Rizky Wisnoentoro menyampaikan pelatihan tersebut merupakan salah satu program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Biasanya program tersebut dilakukan secara tatap muka oleh PNM untuk mendampingi nasabah. Namun di tengah pandemi, pelatihan dialihkan menjadi online melalui sarana video conference.

Sepanjang 2020, PNM telah melaksanakan sebanyak 68 PKU, baik online maupun offline. Termasuk 42 kegiatan Temu Usaha Nasabah Unit (TUNU) dan 26 kegiatan Temu Usaha Nasabah Mekaar (TUNM) di wilayah Tasikmalaya.

Pada per Juni 2020, PNM membina 1.417 nasabah ULaMM dan 186.087 nasabah PNM Mekaar di Tasikmalaya, Jawa Barat.

“Kami bersyukur, meski dalam kondisi pandemi corona ini pelaksanaan bisa lancar dan tentunya menambah pengetahuan dan pengembangan bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) serta pelaku usaha ultra mikro,” paparnya dalam rilis yang diterima Radar, Selasa (14/7).

Rizky menyampaikan juga bahwa PNM secara berkesinambungan memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik, hingga pembinaan secara reguler dan pelatihan kluster berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha.

Pelatihan kali ini diikuti oleh nasabah ULaMM dan nasabah PNM Mekaar di wilayah Tasikmalaya serta yang ikut juga dari Ciamis hinga Kabupaten Pangandaran.

“Kami lakukan acara dengan online ini guna menerapkan protokol corona dan membantu pemerintah juga dalam menekan angka penyebaran corona,” ucapnya.

Rizky menambahkan, perlu diketahui tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Program yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro dan Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang diperuntukan kepada pelaku UMKM.

“Saat ini PNM memiliki lebih dari 3.000 kan­tor layanan di seluruh Indo­ne­sia yang me­la­yani UMK di 34 Provinsi, 427 Kabupaten/Kota, dan 4.276 Kecamatan,” tuturnya.

Baca juga : Pilkades Serentak di Ciamis, Pemdes Lakukan Ini..

Ketua Sejati Petani Sorgum In­donesia (Se­pasi) Lili Sutarli Suradilaga, yang juga sebagai nara­sumber, pelaku usaha dapat berkreasi mengolah sorgum menjadi berbagai makanan olahan yang mempunyai nilai jual.

“Kita sam­pai­kan kepada mereka bahwa kreasi olahan tanaman sor­gum ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usa­ha sebagai alternatif usaha di tengah pande­mi corona yang sedang di­ha­dapi saat ini,” tun­tasnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.