PTM di Garut Dibuka, Prokes Harus Ketat

39
0
dr Maskut Farid Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut
dr Maskut Farid Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mengimbau seluruh sekolah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk memperketat penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolahnya. Selain itu, pengukuran suhu tubuh dan penerapan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Yang terpenting harus dilakukan swab kepada guru dan murid sebelum dilakukan belajar tatap muka. Supaya dipastikan aman,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr Maskut Farid kepada wartawan, Selasa (8/12).

Maskut menerangkan ketika belajar tatap muka yang direncanakan dibuka Januari 2021, harus sering dilakukan monitor. Sehingga apabila ada murid atau guru yang menunjukan gejala terpapar virus corona, bisa segera dilakukan testing, tracing dan treatment.

“Saat ini bagi kami tim kesehatan tidak bisa berkata lain, selain melakukan 3M. Bagaimana pun kondisinya, kita terus lakukan testing, dengan tes ini sudah difasilitasi dengan rumah sakit,” ujarnya.

Baca juga : Garut Zona Merah, 41 Kecamatan Terpapar Covid-19, Kota Paling Banyak

loading...

Dikatakannya, untuk pengukuran suhu tubuh dinilainya masih cukup efektif untuk deteksi terpapar tidaknya seseorang oleh virus corona. “Masih efektif karena 90 persen keluhannya demam. Kalau datang ke suatu kerumunan, suhunya tinggi dan demam, sebaiknya jangan,” tegasnya.

Ditambahkannya, harapan satu-satunya agar sekolah tatap muka berjalan aman, yakni dengan vaksinasi. “Vaksin ini sudah diteliti beberapa tahap dan memang bagi kami di kesehatan tidak ada alternatif lain. Kalau 70 persen warga sudah divaksin, masyarakat akan terlindungi,” ujarnya.

Maskut meyakinkan kalau vaksinasi tidak dipungut biaya, namun untuk sasaran vaksinnya masih akan menunggu arahan pemerintah. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.