PTM Rentan Terpapar Covid-19, Kota Banjar

62
0
Loading...

BANJAR – Meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Banjar disinyalir akibat masih abainya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar dr H Andi Bastian.

Menurut dia, sebenarnya ada faktor lain yang masih diabaikan masyarakat selain protokol kesehatan Covid-19. Yakni terabaikan mereka yang memiliki penyakit tidak menular (PTM).

“Ini faktor lain sampai saat ini yang masih diabaikan oleh masyarakat, khususnya mereka yang memiliki PTM,” kata dia Jumat (1/1).

Dia menjelaskan penyakit tidak menular tersebut yakni penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes dan penyakit lainnya. Dan hampir setiap orang memiliki penyakit itu, meski belum terdeteksi maka perlu dilakukan pemeriksaan.

Baca juga : Kota Banjar Belum Punya Rapid Test Antigen

Loading...

Karena, kata dia, jika terus diabaikan maka sangat rentan terpapar atau tertular wabah Covid-19. Kata dia, itu harus diantisipasi. Jangan dianggap remeh lantaran bisa membahayakan jiwa seseorang.

“Maka dari itu biasakan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) dan diperketat lagi prokes atau 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” ujarnya.

Dia menambahkan itu harus terus dilakukan masyarakat sambil menunggu vaksin Covid tiba di Kota Banjar. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.