Puasa Bisa Menyembuhkan Sakit Maag

74
0

TASIK – Penyakit maag dialami banyak orang karena memiliki pola makan yang tidak teratur. Tak sedikit yang ragu menjalani puasa di Ramadan karena memiliki penyakit maag. Namun ternyata puasa justru dianjurkan bagi penderita maag.

Dokter Umum di PKM Kahuripan Kota Tasikmalaya dr Irham Tahkik Suryana menjelaskan berpuasa pada dasarnya mampu membuat tubuh lebih sehat, karena alasan ini, penderita penyakit maag juga seharusnya aman untuk berpuasa.

“Gejala penyakit maag berupa meningkatnya asam lambung memang bisa terjadi andai perut kosong selama enam sampai delapan jam. Namun, asalkan penderita maag tetap bertahan untuk beribadah puasa, gejala ini hanya akan muncul pada minggu pertama berpuasa,” katanya. Setelahnya, gejala ini tidak akan muncul sehingga pasien bisa beribadah dengan nyaman.

Lanjutnya, berpuasa membuat seseorang bisa membatasi asupan makanan sehingga lebih teratur dan terkendali. Sedangkan penderita sakit maag biasanya disebabkan oleh riwayat pola makan yang tidak teratur.

“Di luar bulan Ramadan biasanya orang-orang jarang mengontrol makanan. Seperti makan makanan yang berlemak, asam, dan pedas sepanjang hari. Belum lagi kebiasaan minuman bersoda dan minum kopi, merokok dan juga faktor stres. Semua itu bisa memicu maag,” ujar dokter lulusan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ini.

Selama berpuasa, kata ia, orang-orang bahkan pasien maag pasti makan lebih teratur. Karena dilakukan sebanyak dua kali dengan waktu yang lebih kurang sama setiap harinya.

“Puasa membuat keluhan sakit maagnya berkurang dan merasa lebih sehat. Pola makan yang teratur ini bisa membuat pasien dengan sakit maag tersebut sembuh,” ujarnya.

Dokter Irham menambahkan, penderita maag harus tetap memperhatikan menu sehat seimbang selama buka puasa dan sahur. Makan lebih banyak buah, sayur dan protein.

Hindari makanan yang digoreng, berlemak, berkafein dan hindari buah dan sayuran yang bergas seperti kol dan durian. “Menu sayur bayam bagus untuk penderita maag,” katanya.

Dokter Irham berpesan, kebiasaan makan yang teratur dan sehat selama bulan Ramadan ini diharapkan bisa menjadi life style, agar sakit maag bisa sembuh. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.