Pulang dari Jakarta, 1 Warga Garut Positif Corona, Rumahnya Samping Pasar

630
0

GARUT – Bupati Garut H Rudy Gunawan memastikan 1 warga Kabupaten Garut, yang sebelumnya sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), naik statusnya jadi positif Corona.

“Ya benar, satu positif. Sekarang sudah ditangani di ruang isolasi RSUD dr Slamet, ” ujar Rudy kepada wartawan, Selasa (31/3).

Menurut dia, pasien yang positif terjangkit Covid-19 ini, sebelumnya baru pulang merantau dari Jakarta pada 20 Maret lalu.

Kemudian sempat menjalani pengobatan di beberapa fasilitas kesehatan pada tanggal 21, 22 Maret dan pada tanggal 23 Maret masuk RSUD sebagai PDP.

“Saat pulang itu pasien demam dan berobat ke salah satu klinik di Garut bagian timur. Kemudian dirujuk ke rumah sakit dan dilangsung ditetapkan sebagai PDP karena berdasarkan riwayat perjalanan,” terangnya.

Rudy menerangkan, pasien ini pulang dari Jakarta ke Garut dengan maksud untuk berobat, karena di Jakarta korban sudah sakit.

Loading...

Dengan ditemukannya satu pasien postif ini, kata dia, pihaknya langsung melakukan pemetaan terhadap tempat yang disinggahi pasien ini.

Rudy mengaku, dalam pemetaan ini pihaknya mengalami sedikit kesulitan karena terlalu banyak tempat yang disinggahi.

Selain itu, rumah pasien ini juga dekat dengan pasar yang perharinya bisa dikunjungi 5.000 orang.

“Pasien ini datang ke Garut menggunakan bus, kemudian naik angkot dan delman. Kami sedikit sulit memetakan ini,” terangnya.

Untuk klinik tempat berobat pertama pasien? Rudy memastikan itu sudah aman. Karena dalam menangani pasien ini, semua tenaga medis menggunakan alat pelindung diri (APD)

Dengan adanya pasien yang positif ini, Rudy mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi semua intruksi dari pemerintah, terutama soal sosial distancing.

“Tolong patuhi apa yang disampaikan pemerintah (untuk social distancing dan physical distancing, red), ini demi kebaikan bersama,” pungkasnya.

(yana taryana)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.