Pulang dari Tangerang, Bidan Positif Corona, Puskesmas Baregbeg Ciamis Ditutup

150
0
ISTIMEWA TUTUP SEMENTARA. Puskesmas Kecamatan Baregbeg ditutup sementara karena ada tenaga medis terkonfirmasi positif Covid-19. Rencananya, puskesmas tersebut dibuka kembali Senin (9/11).

CIAMIS – Salah satu tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Ciamis terkonfrmasi positif Covid-19. Pemerintah memutuskan menutup sementara Puskesmas Baregbeg dan Puskesmas Pembantu Karangampel Jumat-Sabtu (6-7/11). Langkah tersebut penyeterilan dua lembaga kesehatan tersebut.

Kepala Puskesmas Kecamatan Baregbeg Gurlia Bayurni menjelaskan di Puskesmas Baregbeg ada seorang tenaga medis perempuan terpapar Covid-19.

Sebelumnya, bidan tersebut melaksanakan swab test Rabu 4 Oktober 2020. Hasilnya, keluar Kamis malam (5/11). Dia dinyatakan positif.

Menurut Gurlia, bidan desa tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Tangerang pada 28 Oktober 2020. Dia kembali ke Ciamis pada 1 November dan masuk kerja 2 November 2020.

Baca juga : Umat Islam Ciamis Laknat Presiden Prancis yang Hina Nabi Muhammad

“Karena dia bidan desa serta domisili di Karangampel, Baregbeg, namun setiap pagi sering ke Puskesmas Induk di Kecamatan Baregbeg untuk absensi, makanya pada Jumat-Sabtu (6-7/11) sementara pelayanan di puskesmas diberhentikan dulu untuk penyeterilan penyemprotan pakai disinfektan oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Red),” ujarnya.

Gurlia menyampaikan yang bersangkutan pulang dari Tangerang mengalami flu cukup berat. Bahkan mengeluhkan penciumannya hilang.

Secara inisiatif dia melakukan swab test di Dinas Kesehatan dan hasilnya memang terkena Covid-19. “Untuk sementara ini yang bersangkutan isolasi mandiri di rumah,” ujarnya.

Gurlia menjelaskan selama puskesmas tutup, pelayanan dialihkan ke Rumah Sakit Dadi Keluarga atau ke Puskesmas Ciamis yang terdekat. “Itu alternatif kami,” ujarnya.

“Semoga Senin bisa kembali dibuka pelayanan kembali,” ujarnya.

Kepala Bidan Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr Eni Rochaeni menjelaskan Puskesmas dan Pustu Karangampel di Kecamatan Baregbeg yang ditutup beberapa rencananya akan duka kembali Senin (9/11).

Menurutnya, untuk bulan ini, puskesmas yang ditutup karena ada tenaga medis positif berada di Kecamatan Ciamis, Sukadana, Cisaga, Panumbangan dan Baregbeg.

“Kalau yang lama, Panjalu, kawasan ruangan di RSUD Ciamis juga pernah,” ujarnya.

“Memang banyak tenaga medis yang terpapar Covid-19. Makanya kami ingatkan untuk semua masyarakat agar berhati-hati dan tetap terapkan protokol kesehatan (melaksanakan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, Red),” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.