Pulang Kampung ke Cigalontang Tasik Dicek Kesehatan

1184
1
ISTIMEWA PEMERIKSAAN. Warga yang baru datang ke Desa Cigalontang dilakukan pemeriksaan kesehatan, Senin (30/3).

CIGALONTANG – Karang Taruna Girilintang Desa Cigalontang bersama tenaga medis dan pemerintah desa melakukan pemeriksaan terhadap warga yang baru datang dari luar kota. Hal itu dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona, Senin (30/3).

Ketua Karangtaruna Girilintang Desa Cigalontang Rizki mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi sekaligus pencegahan penyebaran Covid-19. Terlebih terhadap warga yang baru datang dari luar kota, apalagi zona merah virus corona.

Baca juga : 1 PDP Corona Asal Kabupaten Tasik Meninggal Saat Karantina di RS Kota Tasik

“Ini sebagai antisipasi dari kami yang bekerja sama dengan pemerintah desa dan juga tenaga kesehatan melakukan kegiatan pemutusan mata rantai terkait penyebaran Covid-19,” ujarnya kepada Radar, Senin (30/3).

Rizki mengatakan, sejak posko pemeriksaan didirikan pada Jumat (27/3), sudah terdata cukup banyak warga Desa Cigalontang yang pulang dari daerah zona merah seperti dari Merak, Serang Banten, Tangerang, Bogor, Jakarta dan wilayah lainnya.

“Upayanya kami melakukan penyemprotan disinfektan ke kendaraan seperti travel maupun kendaraan pribadi serta kepada para warga yang datang khususnya dari luar kota. Selain itu juga pakaian warga disemprot dan mereka diminta agar mencuci tangan serta diperiksa suhu tubuh,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya pun terus mengimbau warga untuk memberlakukan pola hidup bersih sehat dan jaga jarak. Termasuk menghindari kerumunan masyarakat untuk antisipasi penyebaran virus corona.

Kepala Desa Cigalontang Kosum Permana mengatakan, pihaknya sudah membuat imbauan kepada warganya jika ada perantauan yang baru mudik atau pulang kampung untuk melapor ke pihak desa, baik itu ke kepala desa, perangkat desa, hingga ketua RT.

Baca juga : 1 PDP Corona Asal Kabupaten Tasik Meninggal Saat Karantina di RS Kota Tasik

“Kami sudah berkoordinasi dengan tenaga kesehatan dan mengajak Karang Taruna untuk membuat posko di perbatasan desa. Tapi itu sifatnya untuk memberikan arahan, agar lapor ke pos Satgas Covid-19 jangan langsung ke rumahnya ketika pulang dari luar kota,” kata dia.

Lanjut dia, warga yang pulang diberikan arahan dan ditanya tentang keluhan disertai isian selembaran untuk mengontrol selama 14 hari lamanya. Sedangkan yang memiliki keluhan langsung diantar ke puskesmas. “Alhamdulillah semua warga Desa Cigalontang yang sudah pulang dari luar kota, khususnya zona merah hasilnya nihil atau negatif Covid-19, walaupun tetap dipantau,” ujarnya. (obi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Mau hadiah total sampai 1M 😱
    Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin !
    Pendaftaran akan di buka hari ini tanggal 30 Maret 2020
    Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya !

    Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com
    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.