Puluhan Jurnalis Televisi Kumpul di Studio Radar Tasikmalaya TV, Mereka dapat Ini..

137
0
Loading...

KOTA TASIK – Puluhan jurnalis televisi yang bertugas di wilayah Priangan Timur dan tergabung dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tasikmalaya dan IJTI Galuh Raya, mendapat edukasi kebencanaan yang dihelat di Studio Radar TV Tasikmalaya, Jumat (21/02).

Edukasi ini kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi LPPM Unisba dengan tema Edukasi Jurnalisme Kebencanaan Bagi Wartawan Televisi di Jawa Barat.

Edukasi ini menghadirkan berbagai narasumber. Seperti Ketua LPPM Unisba, Dr Septiawan Santana Kurnia Drs MSi yang menerangkan materi Jurnalisme Kebencanaan di Media Perspektif Akademis.

Selain itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasik, Ucu Anwar juga menjadi pemateri yang menjelaskan Pemetaan Kondisi Kebencanaan. Usai pemaparan pemateri, para peserta pun mendeklarisikan Jurnalis Siaga Bencana.

“Edukasi kebencanaan ini untuk berkolaborasi dengan media atau jurnalis televisi di Jawa Barat mengenai pemberitaan kebencanaan,” ujar Septiawan kepada radartasikmalaya.com.

“Karena kita ketahui, Indonesia adalah lahan yang dipenuhi dengan gunung berapi. Dan kebencanaan saat ini kita ketahui making tinggi intensitas kejadiannya,” sambungnya.

Terang dia, jurnalisme dalam hal ini memiliki fungsi atau peran di masyarakat melalui media dan para wartawannya. Maka, melalui pelatihan ini diharapkan bisa memberikan sebuah kontribusi pencerahan.

Loading...

“Pencerahan itu entah pemahaman, pemikiran, perspektif, bahkan juga tindakan visi dan misi tentang pemberitaan kebencanaan yang memang terkait dengan kepentingan serta kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Dia menambahkan, sumber informasi media bagi masyarakat adalah terkait dengan mitigasi bencana, agar mempersiapkan diri pada kemungkinan terjadinya bencana kedepannya.

“Lalu ketika terjadi bencana untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kejadiannya. Karena dari kejadian itu akan memberikan sebuah edukasi pembelajaran,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.