Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.9%

2.5%

26.4%

2.6%

50.1%

0.1%

8.8%

0%

Puluhan Pemuda Ciamis Datangi BBWS Citanduy

150
0
AUDIENSI. Puluhan pemuda dari Kecamatan Lakbok dan Purwadadi audiensi dengan PPK Irigasi BBWS Citanduy Jumat (12/7). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Puluhan pemuda yang tergabung dari tiga Karang Taruna di Kecamatan Lakbok dan Purwadadi Kabupaten Ciamis mendatangi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy Jumat (12/7). Mereka menuntut normalisasi dan revitalisasi saluran irigasi di Lakbok Utara.

Koordinator aksi Hadia mengatakan kedatangan mereka bermula dari keresahan petani. Saluran irigasi di Lakbok Utara dan Purwadadi tidak terurus. Padahal, kata dia, irigasi merupakan aspek penting dalam pengelolaan sumber daya air bagi para petani.

Menurut dia, jika saluran irigasi bagus, bisa menaungi sekitar 6.219 hektare lahan pertanian di Lakbok Utara dan Purwadadi.

“Kenyataanya saluran irigasi di Kecamatan Lakbok Utara mengalami sedimentasi sehingga kontribusi dari irigasi menjadi kurang maksimal,” katanya.

Maka dari itu, pemuda karang taruna menuntut BBWS Citanduy melakukan normalisasi dan revitalisasi terhadap saluran irigasi di Lakbok Utara. Mereka juga meminta BBWS menjamin kebutuhan air dan pengawasan aliran air di wilayah Lakbok Utara dengan serius.

Selain itu, BBWS Citanduy juga diminta melakukan penyedetan cacingan di Dusun Sarimukti Desa Sindangangin.

Ketua Forum Pemuda Lakbok Nasiran merasa Lakbok selalu dianaktirikan dalam segi pembangunan. “Dengan gencarnya anak muda bersuara semoga pemerintah lebih melihat Lakbok, khususnya dalam segi pembangunan. Apalagi irigasi yang tidak lancar sangat menghambat musim tanam padi,” imbuhnya.

Ketua PPK Irigasi pada BBWS Citanduy Wilayah Lakbok Utara Dance mengatakan akan ke lokasi melakukan pemeriksaan dan pendataan.

“Harus adanya perencanaan di tahun ini. Dan mungkin tahun depan baru dilaksanakan sentuhan fisiknya. Tapi tergantung anggaran yang dialokasikan,” ujarnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.